Suasana di Pura Lempuyang, Karangasem. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Minggu (12/3), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Rombongan Bule Tak Mau Bayar Tiket Masuk Pura Lempuyang, Beralasan Sembahyang dan Tunjukkan KTP

AMLAPURA, BALIPOST.com – Rombongan bule atau wisatawan asing (WNA) tak mau bayar tiket saat masuk ke Pura Luhur Lempuyang yang terletak di Desa Adat Purwayu, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Mereka beralasan melakukan persembahyangan di Pura tersebut.

Salah seorang pemandu wisatawan di Pura Luhur Lempuyang, I Gede Putu Karyana, menjelaskan, rombongan yang terdiri dari 12 orang tersebut datang ke Pura Luhur Lempuyang pada Sabtu (11/3) sekitar pukul 10.00 WITA. Ketika akan masuk ke areal Pura, mereka tidak mau bayar tiket karena mengaku hanya ingin melakukan persembahyangan.

Selengkapnya baca di sini

Baca juga:  Ini Syaratnya! Ekonomi Bali Bisa Tumbuh hingga 6 Persen

2. WNA di Bali Bisa Kantongi KTP, Ternyata Pengurusannya Dibanderol hingga Puluhan Juta

DENPASAR, BALIPOST.com – Warga negara asing (WNA) di Bali yang memiliki Kartu Tanda Penduduk Indonesia sedang diusut Polda Bali. Kedua orang yang sudah diamankan itu adalah Mohamad Zghaib Nasir (33) asal Suriah dan Rodion Krynin (39) asal Ukraina.

Untuk mendapatkan KTP, ternyata mereka mengeluarkan uang hingga puluhan juta rupiah, seperti disampaikan Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Satake Bayu, Sabtu (11/3). Ia menjelaskan, Nasir datang pertama kali di Indonesia pada 2015 dengan visa tinggal kunjungan 14 hari.

Selengkapnya baca di sini

3. Ketahuan Jadi PSK, Tiga WN Rusia Dideportasi dari Bali

DENPASAR, BALIPOST.com – Warga negara Rusia berinisial VS, IL, dan TE ditangkap di Seminyak, Badung. Mereka diketahui merupakan pekerja seks komersial (PSK).

Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM pun mendeportasi ketiganya pada Jumat (10/3) dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, menumpang Pesawat Turkish Airlines TK67 tujuan Istanbul, Turki. Mereka akan melanjutkan penerbangan Turkish Airlines TK417 tujuan Rusia.

Baca juga:  Karena Ini, Pengunjung Diskotek di Seminyak Ditangkap Bawa Narkoba

Selengkapnya baca di sini

4. Danau Batur Dipenuhi Belasan Ribu Plong KJA

BANGLI, BALIPOST.com – Kualitas lingkungan di Danau Batur disoroti Gubernur Bali, Wayan Koster, belum lama ini. Gubernur meminta agar keramba jaring apung (KJA) di danau itu bisa ditertibkan karena makin marak dan berpotensi mencemari danau tersebut.

Saat ini, menurut Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Kabupaten Bangli, Jumat (10/3), jumlah KJA di Danau Batur mencapai 12 ribu plong lebih. Per plong, ukuran rata-rata 4×4 meter hingga 4×6 meter.

Selengkapnya baca di sini

5. Jelang Kedatangan Presiden Jokowi, Lapak Pedagang di Areal Pura Agung Besakih Dibongkar

Baca juga:  Peringatan 20 Tahun Bom Bali I akan Digelar di 2 Lokasi Ini

AMLAPURA, BALIPOST.com – Berbagai persiapan mulai dilakukan Desa Adat Besakih menjelang kehadiran Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam rangka meresmikan Fasilitas Pelindungan Kawasan Suci Pura Agung Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Salah satunya adalah melakukan pembersihan atau pembongkaran lapak pedagang di areal Pura Agung Besakih.

Bendesa Adat Besakih, Jro Mangku Widiartha, Sabtu (10/3) mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pembongkaran warung atau lapak milik pedagang yang selama ini berjualan di areal Pura Agung Besakih. “Warung atau lapak yang sebelumnya berdiri di areal Pura Agung Besakih telah dibongkar sejak kemarin. Dan saat ini, sudah tidak ada lagi lapak atau warung yang berdiri, semuanya sudah bersih. Hari ini dilakukan pembersihan di Margi Agung dan tempat yang lainnya. Jadi, saat kunjungan Presiden nanti semuanya sudah bersih,” katanya.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *