Petugas Keswan akan melaksnakan vaksinsi massal Maret mendatang. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com- Kasus gigitan anjing positif rabies pada awal tahuan 2023 mencapai puluhan kasus. Melihat situasi itu, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Karangasem bakal melaksanakan vaksinasi massal.

Menurut Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Karangasem, I Gede Eka Putra, mengungkapkan, temuan kasus gigitan anjing positif rabies tersebut ditemukan tersebar di enam (6) Kecamatan di Kabupaten Karangasem diantaranya Kecamatan Kubu, Abang, Bebandem, Sidemen, Manggis dan Kecamatan Karangasem. “Temuan kasus anjing rabies didominasi wilayah Kecamatan Karangasem. Sementara di lima (5) wilayah lainnya rata-rata kasus yang ditemukan hampir merata,” ujarnya.

Baca juga:  Sukseskan Swasembada Bawang Putih 2019, Tabanan Terima Program Hortikultura¬†

Eka Putra mengatakan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi penyebaran kasus rabies yang ditemukan, seperti banyaknya anjing liar hingga anjing peliharaan yang dilepas liarkan oleh pemiliknya sehingga mereka bebas berinteraksi dengan anjing lainnya. “Dengan temuan kasus ini, maka kita akan laksanakan vaksinasi serentak di wilayah kasus positif rabies. Bulan Maret ini rencananya akan dilaksanakan vaksinasi rabies massal,” katanya. (Eka Prananda/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *