SISWA-Tampak siswa SDN 1 Pemecutan saat istirahat. (BP/Ara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Usulan untuk melakukan rehab gedung SDN 1 Pemecutan yang disampaikan pihak sekolah kepada DPRD Denpasar, sudah menjadi perhatian Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora). Terlebih, usulan untuk melakukan rehab ini sudah masuk ke Disdikpora per Januari 2023 lalu.

Hal ini disampaikan Kabid Pendidikan SD Disdikpora Denpasar, Nyoman Suryawan, Selasa (7/2). Dikatakan, Disdikpora telah mendata sejumlah sekolah yang kondisinya perlu mendapat perbaikan. Karena dari jumlah sekolah dasar sebanyak 176 SD, hampir setengahnya perlu perbaikan. Baik sekala ringan, sedang, maupun berat.

Di sisi lain, akibat keterbatasan anggaran yang ada, perbaikan sekolah dilakukan secara bertahap. Demikian pula terkait usulan dari SDN 1 Pemecutan ini sudah masuk dalam data Disdikpora. Hanya saja, tim akan kembali melakukan kajian, mana yang lebih prioritas ditangani. Karena hingga awal tahun ini sudah masuk 50 usulan perbaikan sekolah. “Bila dalam kajian nanti tim melihat ini urgen, maka akan masuk dalam rencana perbaikan di 2024. Namun, bila ada yang lebih mendesak, belum tentu SD ini mendapat prioritas. Intinya, selalu menggunakan pola skala prioritas,” ujarnya.

Baca juga:  Wadahi Sikap Kritis Generasi

Dikatakan, pada tahun 2022 lalu, Disdikpora telah melakukan rehab ruang kelas baru (RKB) di 11 sekolah yang ada. Kemudian, upaya ini terus dilakukan Pemkot Denpasar pada tahun 2023 ini. Bahkan, pada tahun ini, Wali Kota dan Wakilnya berkomitmen untuk lebih banyak lagi sekolah yang direhab. Karena itu, tahun ini mendapat jatah 20 sekolah tingkat SD dan satu sekolah baru SMP. “Tahun 2023 kami akan membangun RKB di 20 SD dan satu sekolah ada pembangunan penyengker sekolah,” kata Suryawan.

Baca juga:  Soal TPPU, Pengadilan Tinggi Kurangi Hukuman Dewa Radhea

Adapun 20 sekolah yang mendapat pembangunan RKB yakni SDN 10 Pedungan, SDN 10 Sumerta, SDN 13 Dauh Puri, SDN 13 Pemecutan, SDN 14 Dauh Puri, SDN 14 Kesiman, SDN 15 Pemecutan, SDN 17 Pemecutan, SDN 1 Renon, SDN 1 Ubung.

Kemudian ada SDN 21 Dangin Puri, SDN 2 Padangsambian, SDN 2 Penatih, SDN 3 Padangsambian, SDN 3 Renon, SDN 3 Ubung, SDN 5 Peguyangan, SDN 5 Sanur, SDN 6 Peguyangan, dan SDN 9 Kesiman. Dimana anggaran untuk pembangunan RKB di 20 sekolah tersebut Rp 77 miliar lebih. Jumlah sekolah yang mendapat pembangunan RKB di tahun 2023 ini lebih banyak ketimbang tahun 2022 lalu. Di mana tahun 2022 ini, Denpasar membangun ruang kelas baru ( RKB) untuk 11 SD. (Asmara Putera/Balipost)

Baca juga:  Tak Dimanfaatkan, Pemkab Siapkan Rumah Jabatan DPRD jadi Tempat Isoter

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *