Sekda Adi Arnawa disaat menghadiri Puncak Karya di Pura Dalem dan Prajapati, Desa Adat Kwanji, Sempidi, Minggu (29/1). (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Desa Adat Kwanji, Sempidi, Mengwi, Badung menggelar karya Melaspas, Mendem Pedagingan, Ngenteg Linggih Padudusan Alit, Wrespati Kalpa Panca Rupa Meyama Raja di Pura Dalem dan Prajapati. Upacara ini dilaksanakan karena adanya pembenahan pembangunan fisik Pura Dalem, Gedong Dalem, Dalem Penataran, dan Dalem Penyarikan.

Bendesa Adat Kwanji, I Ketut Sugiana menyebutkan rangkaian Karya melaspas, mendem pedagingan, ngenteg linggih pedudusan alit, wrespati kalpa panca rupa meyama raja ini telah dilaksanakan mulai tanggal 7 Januari 2023 sampai 3 Februari 2023 dan puncaknya dilaksanakan tanggal 29 Januari 2023.

Baca juga:  Video Perkelahian di Bandara Viral, Polisi Sebut Ini Pemicunya

“Saya sangat bersyukur karya ini bisa dilaksanakan dengan baik yang tidak terlepas dari semangat persatuan warga dan dukungan pemerintah serta berharap rangkaian karya berjalan dengan lancar labda karya sida sidaning don,” ucapnya.

Menurutnya, karya dilaksanakan karena adanya pembenahan pembangunan fisik Pura Dalem, Gedong Dalem, Dalem Penataran, dan Dalem Penyarikan. Pihaknya, mendapatkan bantuan hibah APBD perubahan 2022 berupa penataan Penataran Pura Puseh, Pura Dalem, Pura Taman Beji, pembangunan di Pura Prajapati berupa Padmasari dan Sedan Karang, serta bantuan hibah pengaspalan jalan.

Baca juga:  Tabrak Sejumlah Motor Parkir, Mobil Terbalik di Jalan Dewi Sri

Karya yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Watulumbang Sibang tersebut disaksikan Sekda Badung, Wayan Adi Arnawa berserta Ketua DPRD Kabupaten Badung Putu Parwata, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung I Gde Eka Sudarwitha, dan perangkat desa lainnya.

Sekda Adi Arnawa berharap karya melaspas ini berjalan dengan baik dan lancar. Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Adat Kwanji yang telah menjalankan upacara melaspas dan mendem pedagingan.

Baca juga:  Desa Adat Manistutu Lestarikan Alam untuk Anak Cucu

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk tetap bersatu untuk kemajuan Desa dan Kabupaten Badung,” katanya. (Parwata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *