Wakil Komandan Paspampres Marsma TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko (kiri) memberi arahan pada Raffi Ahmad saat akan mengikuti Lomba Menembak Piala Danpaspampres 2022 di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Minggu (13/3/2022). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST. com – Sebanyak 84 jabatan di TNI dilakukan mutasi, termasuk posisi komandan Pasukan Pengamanan Presiden (danpaspampres).

Dikutip dari kantor berita Antara, Kamis (2/2), mutasi 84 jabatan tersebut itu dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/114/I/2023 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI tanggal 31 Januari 2023.

Berdasarkan surat tersebut, Brigjen TNI Rafael Granada Baay akan menggantikan Marsda TNI Wahyu Hidayat sebagai Danpaspampres.

Baca juga:  Rangkul Sejumlah Universitas Ternama, Pemerintah akan Tambah Pelatihan Digital

Rafael sebelumnya menjabat sebagai Direktur H Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI, sedangkan Wahyu selanjutnya menjadi Komandan Komando Pasukan Gerak Cepat (Dankopasgat) TNI Angkatan Udara.

Wahyu menggantikan Marsda TNI Taspin Hasan yang selanjutnya akan menjadi Perwira Staf Ahli (Pa Sahli) Tingkat III Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Perdagangan (Ekkudag) Panglima TNI.

Pergantian personel juga terjadi untuk jabatan panglima Komando Operasi Udara (pangkoopsud) II dari Marsda TNI Widyargo Ikoputra ke Marsda TNI Andi Kustoro.

Baca juga:  Ribuan Personel Dikerahkan Amankan Kunker Presiden

Widyargo akan menjadi Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AU (Wadan Kodiklatau) menggantikan Marsda TNI Yulianta, yang bakal menjabat Tenaga Ahli Pengkali Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Ilpengtek) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Sementara itu, Andi sebelumnya merupakan pendahulu Taspin di jabatan Pa Sahli Tk. III Bid. Ekkudag Panglima TNI.

Berdasarkan keterangan di salinan SK tersebut, upacara serah terima jabatan untuk 84 jabatan yang dirotasi itu masih menunggu persetujuan keputusan presiden (keppres).

Baca juga:  Presiden Jokowi Minta Kasus Penembakan Anggota Polri Diproses Hukum

Mutasi tersebut menjadi gelombang kedua yang dilakukan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono di awal tahun 2023. Sebelumnya, Yudo juga sudah melakukan rotasi untuk 223 jabatan di TNI. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *