Balai Agung Pura Desa Adat Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. (BP/kmb)

GIANYAR, BALIPOST.com – Desa Adat Guwang, Kecamatan Sukawati, Gianyar terus membangun baik ekonomi desa adat maupun pembangunan pura. Kali ini, Desa Adat Guwang merenovasi atau memugar Balai Agung Pura Desa Adat Guwang dan membangun Loji Pura Manca, Desa Adat Guwang.

Pembangunan dua unit ini menghabiskan anggaran mencapai miliaran rupiah. Selain itu, untuk mendukung kegiatan desa adat dibangun kantor Desa Adat Guwang menghabiskan dana Rp1,7 miliar.

Bendesa Adat Guwang, Ketut Karben Wardana didampingi Pangliman Desa Adat Guwang, Wayan Susila Antara menjelaskan krama Desa Adat Guwang belakangan ini melakukan renovasi atau memugar Balai Agung Pura Desa Adat Guwang. Bangunan dengan lebar sekitar 5 meter dan panjang sekitar 15 meter itu penuh dengan ukiran dan beraratapkan ijuk.

Baca juga:  Terlanjur Janji, Dewan Kembali Ngotot Hibah Bansos Dicairkan

Dengan memanfaatkan tenaga kerja tukang lokal asal Desa Guwang dengan menghabiskan dana mencapai Ratusan juta sumber dana dari kas desa adat Rp800 juta, bantuan BKK Provinsi Bali Rp82 juta. “Bangunan ini dikerjakan selama enam bulan dan di-plaspas bertepatan dengan hari raya Saraswati atau 22 Oktober 2022,” katanya.

Selain itu, Desa Adat Guwang juga dibangun balai Loji Pura Manca Desa Adat Guwang masih satu areal dengan Pura Desa Adat Guwan. Pembangunan Loji menghabiskan dana Rp200 juta menggunakan dana kas Desa Adat Guwang.

Baca juga:  Diduga Pencemaran Nama Baik, Puluhan Warga Guwang Laporkan IKG Dharma Putra

Selain itu, Desa Adat Guwang bangun Kantor Desa Adat Guwang lantai dua dengan luas 210 meter persegi. Bangunan Kantor Desa Adat Guwang untuk kegiatan Desa Adat Guwang termasuk untuk kantor LPD, kegiatan BUPDA Amertha Prakerthi Desa Adat Guwang.

Sementara lantai dua (atas) berupa aula untuk kegiatan rapat-rapat, pertemuan. Total dana dihabiskan untuk membangun kantor Desa Adat Guwang mencapai Rp1,7 miliar dengan sumber dana kas Desa Adat Guwang Rp1,6 miliar dan bantuan CSR telekomunikasi Rp100 juta.

Baca juga:  Desa Adat Guwang Salurkan Bantuan Beras ke Warga

Untuk menjaga kebersihan Pura Desa Adat Guwang, Pura Puseh dan Pura Manca yang masih dalam satu areal kompleks itu ditugaskan dua orang petugas kebersihan. Demikian juga untuk menjaga keamanan areal Pura dijaga warga pakemitan. (kmb/balipost)

BAGIKAN