Petugas dan warga memadamkan api di areal Pura Dalem Guwang, Gianyar, Sabtu (2/9). (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Dua bangunan, Gedong Delod Ratu Gede Ratu Putra dan Balai Kulkul di Pura Dalem Desa Adat Guwang terbakar. Kasatpol PP Gianyar I Made Watha, Sabtu (2/9) mengatakan penyebab kebakaran diduga akibat percikan api dari pembakaran sampah yang berdekatan dengan lokasi pura.

Diungkapkannya pihaknya menurunkan 4 armada dengan 24 personel damkar untuk melakukan pemadaman. Ketika tiba di lokasi petugas damkar sudah mendapati asap membungbung di kedua bangunan tersebut.

Baca juga:  Kebakaran di TPA Sente Masih Berlangsung, Klungkung Nyatakan Status Darurat

Guna mencegah percikan api mengarah ke bangunan yang lain, petugas damkar menyiram semua Pelinggih yang menggunakan atap ijuk. “Semua pelinggih yang atapnya dari ijuk sudah kita siram, sementara semua sesuunan dari ratu gede dan lainnya sementara dipindahkan ke Pura Desa Guwang,” jelasnya.

Watha memaparkan sampai api dipadamkan sesuai permintaan prajuru, Unit Damkar masih menyiagakan 1 unit armada dengan 4 personel sampai Minggu (3/9).

Baca juga:  Meluas, Pemadaman Api di Lereng Gunung Agung Terganjal Medan

Babinsa Desa Guwang Serma Ida Bagus Oka Bisma bersama Bhabinkamtibmas Desa Guwang Aiptu I Nengah Nirka dan bersama-sama warga masyarakat Desa Guwang turut membantu petugas damkar memadamkan api. Hadir pula personel Polsek Sukawati dan Pawas serta Bendesa Desa Adat Guwang bersama Sekretaris Desa Guwang beserta Kelian Adat dan Dinas. Musibah kebakaran tersebut ditaksir Rp 500 juta. (Wirnaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *