Dalam rangka menyambut hari raya Galungan dan Kuningan secara rutin Desa Adat Guwang, Sukawati, Gianyar membagikan sekitar 14 ton beras kepada warga. (BP/kmb)

GIANYAR, BALIPOST.com – Dalam rangka menyambut hari raya Galungan dan Kuningan, Desa Adat Guwang, Sukawati, Gianyar membagikan sekitar 14 ton beras kepada warga. Selain bantuan beras Desa Adat Guwang juga membantu minyak goreng. Sumber dana bantuan ini dari LPD Desa Guwang dan Bage Usaha Padruwen Desa Adat (BUPDA) Guwang.

Bendesa Adat Guwang, I Ketut Karben Wardana, Jumat (28/7) mengatakan bantuan beras dan minyak goreng guna membantu dan meringankan beban warga dalam menyambut hari raya Galungan dan Kuningan 2023. Dikatakan, Desa Adat Guwang membagikan sekitar 14 ton beras kepada warga desa adat.

Penyaluran dilakukan langsung kepada krama desa
berlangsung di masing-masing Banjar di Desa Adat Guwang, Kamis (27/7). Bendesa menjelaskan upaya
ini dilakukan dalam rangka menjaga dan meningkatkan
kesejahteraan warga Desa Adat Guwang yang dalam kurun waktu 6 bulan Bali sangat dipenuhi juga oleh aktivitas adat. “Kami memahami masyarakat di Desa Guwang banyak yang masih belum pulih perekonomian pasca-COVID-19. Meskipun bantuan Desa Adat tidak seberapa, namun ini bentuk kepedulian Desa Adat kepada kramanya,” ujar Karben.

Baca juga:  Desa Adat Kapal Jaga Tradisi Warisan Leluhur

Lebih dari 14 ton beras disalurkan kepada 1.378 krama yang “mipil” di Desa Adat Guwang. Masing-masing keluarga mendapatkan 10 Kg beras dan 1 liter minyak goreng.

Dikatakan dari 1.378 krama “mipil” tersebar di 7 banjar adat yakni Banjar Sakih 266 KK, Banjar Wangbung 186 KK, Banjar Tegal 89 KK, Banjar Manikan 220 KK, Banjar Dangin Jalan 194 KK, Banjar Tatag 64 KK dan Banjar Buluh 359 KK.

Baca juga:  Desa Adat Kloncing Komitmen Lestarikan Seni dan Budaya

Karben menambahkan sumber dana penyaluran bantuan ini berasal dari penyisihan Laba LPD dan hasil usaha BUPDA Amertha Prakerthi milik Desa Adat Guwang. Menurutnya, bantuan berupa beras dan minyak ini juga merupakan simbol penganugerahan “Ida Sang Hyang Widhi Wasa” Tuhan yang Maha Esa kepada warga desa adat. “Sebelum dibagikan, beras dan minyak goreng ini dimohonkan anugerah kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang berlangsung di Pura Kahyangan Tiga dan Ratu Tabeng di Desa Adat di Guwang,” kata Karben.

Baca juga:  Santunan Lansia di Badung Tak Kunjung Cair

Ketua LPD Desa Adat Guwang, I Wayan Wata menerangkan kegiatan ini adalah kelanjutkan dari program LPD dan desa adat kepada seluruh kepala keluarga Desa Adat Guwang. Bantuan ini diserahkan setiap 6 bulan sekali (tahun saka) guna meringankan beban warga untuk perayaan Hari Suci Galungan
dan Kuningan.

Warga Banjar Wangbung, Made Kastana menyatakan
terima kasih kepada Bendesa Adat Guwang dan pihak LPD Desa Guwang sudah menyerahkan bantuan beras dan minyak goreng menjelang hari raya Galungan. Bantuan ini membantu meringankan beban masyarakat di saat harga sembako yang sedang meningkat.

Kastana berharap program yang dilakukan Desa Adat Guwang ini tetap dilanjutkan secara rutin setiap menjelang hari raya Galungan. (kmb/balipost)

BAGIKAN