Dengar Musik
Ilustrasi. (BP/istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Otak tidak selalu berjalan dengan lancar. Terkadang kamu tidak bisa memikirkan apa-apa atau tidak bisa menemukan ide, baik itu untuk pekerjaanmu maupun tugasmu.

Untuk mengatasi ide yang buntu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan :

1. Ambil Jeda Sejenak

Ide buntu bisa disebabkan karena tubuhmu tegang atau kelelahan, sehingga kamu tidak bisa berpikir lagi. Cobalah untuk berhenti sejenak dari pekerjaanmu dan biarkan dirimu tenang. Kamu bisa mengisi waktu jeda ini dengan tidur atau meregangkan tubuh. Ini dapat membuatmu lebih rileks, sehingga kamu dapat berpikir jernih.

Baca juga:  Konsumsi Garam Terlalu Banyak, Ini Bahayanya untuk Otak

2. Mengisi Perut

Beberapa orang mengatasi ide buntu dengan makan. Namun, hindari makanan berat yang dapat mengenyangkan perut karena dapat berakibat sebaliknya, yaitu tidak bisa berpikir. Kamu bisa makan camilan yang ringan, seperti cokelat atau permen.

3. Pergi Keluar

Pergi ke lingkungan baru mungkin dapat membantumu mendapatkan inspirasi. Cobalah untuk pergi ke alam terbuka atau tempat yang memiliki suasan tenang agar kamu lebih rileks. Kamu juga bisa mencoba pergi ke tempat yang ramai dan mengamati hal-hal yang terjadi di sana, ini mungkin akan membantumu untuk menemukan inspirasi.

Baca juga:  Kemenkeu Sebut WFH Tidak Ganggu Perekonomian

4. Mencari Inspirasi di Internet

Internet bisa dikatakan sebagai sumbernya informasi. Informasi apa pun yang kamu cari dapat kamu temukan di internet. Selain itu, kamu juga bisa mencari inspirasi di media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter, melalui status atau unggahan pengguna media sosial.

5. Berbincang

Jika kamu masih tidak bisa menemukan ide atau inspirasi sendiri, kamu bisa mengajak orang lain untuk berbincang denganmu. Mungkin saja ide-ide yang kamu cari berasal dari mereka.

Baca juga:  Begini Cerita Korban Longsor Selamat

6. Nonton Film atau Mendengarkan Musik

Saat otakmu buntu dan tidak bisa memikirkan apa-apa, kamu bisa menonton film atau mendengarkan musik. Bisa saja ide yang kamu butuhkan muncul saat kamu menonton atau mendengarkan musik.

Memaksakan dirimu untuk mendapatkan ide secara terburu-buru hanya akan membuat pekerjaanmu tidak maksimal atau tidak memuaskan. Cobalah untuk meluangkan waktu sejenak dan berpikir dengan pelan. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *