Ilustrasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Menikah bukan sekadar mengucapkan janji dan tinggal di satu rumah yang sama. Namun, ada banyak hal yang akan terjadi dalam sebuah pernikahan. Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan sebelum kamu memutuskan untuk menikah.

1. Diskusikan Masalah Finansial

Masalah finansial kerap menjadi permasalahan utama dalam sebuah rumah tangga. Sebelum menikah, sebaiknya kami menentukan cara mengatur keuangan dan siapa yang akan bertanggung jawab terkait masalah keuangan.

2. Diskusikan Masalah Pembagian Tugas

Pekerjaan rumah tangga tentunya tidak semua dikerjakan oleh istri, tapi suami juga sudah seharusnya membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Apalagi jika kalian berdua memiliki pekerjaan masing-masing, sebaiknya bagi pekerjaan rumah dengan rata, atau bisa juga kalian memutuskan untuk mengerjakannya bersama-sama di akhir pekan.

Baca juga:  Di Karangasem, Pernikahan Dini Meningkat Ribuan Orang Disebabkan Ini

3. Ketahui Emosi Pasangan

Menikah artinya kamu siap untuk hidup bersama pasangan. Maka dari itu, sebaiknya ketahui emosi pasangan terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk menikah. Kamu bisa melihat hal tersebut dari cara pasanganmu mengatasi masalah dan bagaimana caranya berbicara ketika sedang berdebat denganmu. Jangan sampai kamu menyesal setelah menikah dengannya.

4. Siapkan Mental

Bukan hanya emosi pasangan yang harus kamu ketahui, kamu juga harus menyiapkan mentalmu sendiri. Saat menikah mungkin kamu menemukan sisi baru dari pasanganmu yang belum pernah ditunjukan olehnya. Kamu harus siap dengan segala kemungkinan tersebut.

Baca juga:  Buka Tabungan Bersama Setelah Menikah? Simak Dulu Untung dan Ruginya!

5. Lakukan Tes Kesehatan

Ada baiknya kamu dan pasanganmu melakukan tes kesehatan sebelum menikah, terutama memeriksa organ reproduksi. Ini bukan masalah tidak percaya dengan pasangan, tapi untuk menghindari kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi.

6. Bicarakan Perihal Anak di Masa Depan

Anak merupakan bagian dari keluarga yang dapat menyempurnakan sebuah pernikahan. Sebelum menikah, kamu perlu membicarakan terlebih dahulu rencana anak di masa depan, seperti usia berapa kalian siap untuk memiliki anak, dan berapa anak yang diinginkan.

Baca juga:  Tahun Ini, Indra Navicula dan Pacarnya Berencana Menikah

7. Bertemu Keluarga Masing-Masing

Menikah juga berarti menyatukan dua keluarga dalam suatu hubungan. Temui keluarga masing-masing dan berkenalan satu sama lain. Kamu dan pasangan juga bisa membuat sebuah acara keluarga yang dapat mempertemukan kedua belah pihak, sehingga kedua pihak akan saling mengenal satu sama lain.

Pastikan kamu sudah melakukan tujuh hal di atas sebelum menikah agar nantinya kamu tidak merasa menyesal dan kecewa. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *