Ilustrasi. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Wawancara kerja menjadi hal yang menegangkan bagi setiap orang. Dalam wawancara kerja, kamu perlu meyakinkan pewawancara atau HRD untuk memilih atau menerimamu di perusahaan yang kamu lamar, sehingga tahap wawancara menjadi tahapan yang penting dalam mencari pekerjaan.

Untuk menghadapi wawancara kerja, ini beberapa tips yang dapat kamu lakukan :

1. Cari Informasi Mengenai Perusahaan

Memahami hal-hal dasar dan detail tentang posisi yang dilamar dan perusahaan akan membantumu saat wawancara. Pasalnya, pewawancara bisa saja tiba-tiba menanyakan mengenai hal-hal yang kamu ketahui tentang posisi yang kamu lamar maupun perusahaan yang dilamar. Jika kamu sudah memiliki bekal sebelum wawancara berlangsung, maka kamu tidak akan kebingungan saat ditanya.

Baca juga:  Tips Mencegah Kekerasan pada Anak

2. Berlatih di Depan Cermin

Berlatih di depan cermin akan membantumu mengevaluasi penampilan dan gayamu saat berbicara. Selain itu, berlatih di depan cermin juga dapat membantu melatih rasa kepercayaan diri.

3. Datang Lebih Awal

Datanglah 15 menit atau 30 menit lebih awal dari waktu yang dijanjikan untuk wawancara. Ini dilakukan untuk menghindari hal-hal buruk saat perjalanan atau bisa saja kamu tersesat saat mencari tempat wawancara. Dengan datang lebih awal, setidaknya kamu memiliki waktu untuk bersiap.

4. Berpakaian Rapi dan Bersikap Sopan

Baca juga:  Sudah 80-an Persen Rampung, Proyek Penataan Pantai Sanur Diingatkan Selesai Tepat Waktu

Saat pertama kali melihat seseorang, yang paling pertama dilihat adalah penampilan dan sikapnya. Penampilan yang rapi dan sikap yang sopan akan memberikan kesan baik di mata pewawancara.

5. Santai dan Tenang

Meski kamu gugup, berusahalah untuk bersikap santai dan tenang di hadapan pewawancara. Saat kamu bersikap santai dan tenang, kamu akan bisa lebih mudah menjawab pertanyaan yang dilontarkan.

6. Jawab Pertanyaan dengan Jujur dan Jelas

Menjawab pertanyaan dengan jujur dan menjawab dengan jelas tentunya sangat penting saat wawancara berlangsung. Jangan terlalu melebih-lebihkan sesuatu atau berbohong karena itu malah membuatmu gugup dan tidak tenang. Selain itu, jawablah setiap pertanyaan dengan tepat dan jelas agar pewawancara dapat menangkap apa yang kamu maksud.

Baca juga:  Debit Air Sungai di Bali Alami Penurunan

7. Lakukan Eye Contact

Pada setiap percakapan, melakukan kontak mata adalah hal yang utama. Saat berbicara, lakukanlah kontak mata dengan pewawancara. Jangan melihat ke bawah, ke atas, atau mengalihkan pandangan, tetaplah tenang dan fokus.

8. Berdoa

Jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan agar kamu diberikan kelancaran saat wawancara. Dengan berdoa, hatimu akan merasa lebih tenang dan lebih rileks.

Diterima maupun ditolak saat melamar pekerjaan adalah hal yang biasa. Teguhkanlah hatimu dan mantapkan pikiranmu untuk terus mencoba dan jangan takut untuk gagal. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *