Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas mengundang UMKM saat acara kenaikan pangkat. (BP/ken)

DENPASAR, BALIPOST.com – Suasana berbeda terlihat di Mapolresta Denpasar, Senin (2/1). Ratusan personel polresta berkumpul di halaman Mapolresta, Denpasar untuk mengikuti upacara kenaikan pangkat.

Selain itu sejumlah UMKM khususnya kuliner digandeng Kapolresta Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas, S.H., S.I.K., M.Si. dan berjejer di areal parkir. Tujuannya mendukung bangkitnya perekonomian Bali, khusus di Denpasar.

Usai acara kenaikan pangkat dan pelepasan purnabakti, anggota polresta dan Polsek jajaran langsung mengerubungi stand kuliner. Upacara kenaikan pangkat personel periode 1 Januari 2023 dipimpin Kapolresta Denpasar.

Sebanyak 100 personel naik pangkat dari AKP ke Kompol 3 orang, Iptu ke AKP 16 personel, Ipda ke Iptu 12 personel, Aipda ke Ipda pengabdian 5 personel, Aipda ke Aiptu 12 personel, Bripka ke Aipda 17 personel, Brigadir ke Bripka 1 personel, Briptu ke Brigadir 30 personel dan Bripda ke Briptu 4 personel.

Baca juga:  Awali Peringatan HPN 2021, Regulasi Konvergensi Media akan Dibahas

Dalam amanatnya, Kapolresta Yugo menyampaikan bahwa kenaikan pangkat pada hakekatnya merupakan penghargaan yang diberikan organisasi atas prestasi kinerja yang telah ditunjukkan selama ini. Kenaikan pangkat bukanlah hak yang pasti diterima oleh setiap personel Polri, namun merupakan kumulatif dari penilaian beberapa aspek seperti dedikasi, loyalitas, disiplin, tanggung jawab serta sikap dan prilaku setiap personel.

“Kenaikan pangkat juga bukan hanya merupakan perubahan status hirarki, gaji dan hak-hak yang diterima oleh saudara. Namun merupakan cerminan kompetensi yang harus diemban sehingga saudara dapat lebih meningkatkan profesionalisme, kinerja dan yang lebih utama adalah rasa tanggung jawab sesuai dengan jenjang pangkat yang saudara sandang,” ujarnya.

Baca juga:  Percepat Vaksinasi, Polresta Jemput Bola Sasar Lansia

Dengan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi di harapkan dapat menunjukkan sikap ketauladanan yang lebih baik, profesional, modern dan terpercaya.
“Introspeksi diri, menoleh kebelakang sejenak mengenang sepanjang pengabdian kita kepada bangsa dan negara, selanjutnya kita songsong tantangan tugas yang semakin berat di depan,” tegas Yugo.

Kapolresta juga menyampaikan ucapan selamat atas kenaikan pangkat personel Polresta Denpasar dan kepada pendamping yaitu ibu Bhayangkari. Ia minta agar terus memberikan memotivasi dan dukungan kepada suaminya dengan baik.

Baca juga:  Polresta Denpasar Garap "No Mercy”, Film Perampokan Melibatkan WNA di Bali

Sementara itu awal tahun ini terdapat 41 personel Polresta Denpasar purnabakti. Kapolresta menggelar acara tradisi melepas anggota yang pensiun tersebut dengan menumpang sejumlah dokar menuju pintu keluar Mapolresta. “Kami Polresta Denpasar melakukan kegiatan rangkaian kenaikan pangkat 100 personel mulai dari pangkat Briptu sampai Kompol. Tradisi pelepasan anggota purnabakti ini kami laksanakan sejak tahun 2022. Ada 15 anggota purnabakti dan sejak 2022 hingga 2023 sebanyak 41 pensiun. Kami juga menggandeng UMKM melakukan aktivitas di sini untuk menyukseskan bangkitnya ekonomi Bali khususnya di wilayah Denpasar,” tutupnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN