Gubernur Bali, Wayan Koster saat mengucap syukur dan dan terima kasih kepada semua unsur yang terlibat dalam menyukseskan Presidensi G20 saat acara Syukuran Apresiasi Presidensi G20 di Halaman Kediaman Gubernur Bali, Jayasabha, Denpasar, Senin (28/11). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Gubernur Bali, Wayan Koster mewakili Pemerintah Provinsi Bali dan masyarakat Bali secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih atas kesuksesan penyelenggaraan Presidensi G20 kepada seluruh unsur-unsur yang terlibat sesuai peran dan tugas yang dimandatkan. Ucapan ini disampaikan langsung di hadapan seluruh unsur yang terlibat tersebut saat diundang dan dijamu secara khusus dalam rangkaian acara Syukuran Apresiasi Presidensi G20 di Halaman Kediaman Gubernur Bali, Jayasabha, Denpasar, Senin (28/11).

“Saya sangat mempercayai alam Bali merestui penyelenggaraan Presidensi G20, karena selama acara berlangsung khususnya di lokasi-lokasi utama acara tidak terjadi hujan, sedangkan ditempat lain hujan, walaupun dibantu juga dengan rekayasa cuaca. Begitu pula atmosfer acaranya sangat baik, oleh karena itu saya sampaikan terimakasih kepada pihak – pihak yang berpartisipasi dalam gelaran tersebut, khususnya unsur – unsur yang terlibat ada di Bali,” ujar Gubernur Koster.

Menurut Gubernur yang sebelumnya menjabat anggota DPR RI tiga periode ini, Bali ketiban berkah dengan dilangsungkannya gelaran bergengsi itu di Bali. Secara langsung, Bali mendapat jatah berbagai pembangunan fisik infrastruktur. Seperti, perbaikan jalan, pedestrian,  parkir, wantilan,  persemaian mangrove, maupun sejumlah sarana prasarana strategis lainnya yang berfungsi memperindah, mempercantik, dan mempercanggih Bali dalam menyambut para delegasi. Menghabiskan pembiayaan sekitar 800 miliar lebih, yang berasal dari dana APBN.

Baca juga:  Penantian 100 Tahun, Gubernur Koster Keluarkan Sertifikat Tanah Gratis ke Warga Tanjung Benoa

“Total pembiayaan untuk semua infrastruktur itu lebih dari Rp 800 miliar, untuk kita ketahui bersama. Dan saya berkoordinasi langsung agar mendapat pembiayaan dari pemerintah pusat. Karena jumlah itu angka yang cukup besar bagi ukuran APBD Pemprov Bali,” jelas Gubernur disambut tepuk tangan para undangan.

Sementara secara tidak langsung, walaupun keseluruhan pembangunan itu ditujukan untuk pemanfaatan G20, setelahnya pun menjadi manfaat bagi Bali sebagai destinasi utama wisata dunia yang lebih indah, lebih rapi, tertata, berkualitas dan berdaya saing. “Selain itu, yang terpenting upaya pemulihan Bali pasca pandemi menjadi lebih cepat. Karena rangkaian G20 telah dilaksanakan mulai Desember 2021. Banyak pertemuan yang dilangsungkan di Bali melibatkan berbagai negara sehingga hunian hotel di Bali meningkat, tingkat kunjungan wisatawan pun naik. Tidak saja kedatangan para peserta untuk menghadiri rangkaian acara, tapi juga nama Bali menjadi terkenal karena sebagai lokasi pelaksanaan G20. Turut menopang tingkat kepercayaan wisatawan untuk berkunjung ke Bali,” imbuh Gubernur Bali yang tak menyangka pemulihan Bali bisa lebih cepat dari yang diperkirakan.

Berkah tersebut pun tak lepas dari langkah bijak yang diambil Preside Joko Widodo yang memilih Bali sebagai lokasi penyelenggaraan. Untuk itu, Gubernur Koster pun mengajak seluruh masyarakat Bali untuk turut mengapresiasi, menghormati dan mendukung penuh kebijakan presiden yang dikontribusikan untuk membangun Bali.

Baca juga:  Kepala Daerah Mesti Prioritaskan Pembangunan Adat, Agama dan Budaya

Lebih jauh, Gubernur jebolan ITB ini pun mengapresiasi kerjasama yang telah tercipta dengan sangat baik oleh seluruh komponen di Bali yang terlinat secara langsung atau tidak langsung. Terutama keamanan yang menjadi ujung tombak penyelenggaraan di bawah penanganan Kapolda Bali bersama Pangdam IX Udayana.

Tak kalah penting, apresiasi pun disampaikan kepada para pemangku di sejumlah pura dan para pemangku di wilayah Kuta Utara hingga Kuta Selatan, yang telah “Ngerastiti Bhakti” memberikan dukungan secara niskala dalam memohonkan kelancaran dan kesuksesan acara, hingga diminta nyejer sekitar 5 hari.

Peran para pecalang, para seniman penari dan penabuh, hingga peran masyarakat yang ramah dan taat mengikuti tiap himbauan dan arahan yang diberikan oleh petugas dari sebelum penyelenggaraan, saat acara berlangsung hingga usai sehingga berjalan sukses pun mendapat apresiasi setinggi-tingginya dari orang nomor satu di Bali ini. “Sungguh luar biasa, kerjasama yang sangat baik. Seluruh delegasi yang hadir yang merupakan pemimpin negara – negara maju, saat saya lepas keseluruhan menyatakan excellent, semua menyampaikan Bali ini luar biasa. Memuji alamnya indah, masyarakatnya dibilang ramah, bahkan memuji budaya kita yang khas dan unik. Penyelenggaraan acara pun dinilai excellent hingga keputusan-keputusan yang dihasilkan pun sangat fokus dan tepat,” tegas Gubernur Koster.

Baca juga:  Remaja di Kintamani Bunuh Diri

Dengan berbagai penyampaian kelebihan Bali oleh para delegasi tersebut, Gubernur Koster menyatakan optimis membawa dampak yang lebih luas terhadap pariwisata Bali kedepan, akan terus diupayakan ebih baik, lebih berkualitas,  memberikan manfaat ekonomi, kesejahteraan, dan kebahagiaan secara sekala-niskala bagi masyarakat Bali. “Dengan berakhirnya Presidensi G20, sekali lagi saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh komponen masyarakat yang telah memberikan sumbangsih tenaga, pikiran, material-inmaterial, jasanya demi kesuksesan acara tersebut. Demi upaya kita bersama memperkuat posisi Bali ditengah persaingan yang semakin ketat dan dinamis. Ini kita jadikan satu ruang yang bbermanfaat ditengah masa-masa sulit,  bisa mengerjakan  tanggungjawab dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, sebagai bentuk penghargaan, saya undang secara khusus dan saya jamu dengan sajian ala Jayasabha. Menunya sama dengan yang saya sajikan kepada tamu-tamu menteri, Duta Besar maupun tamu kehormatan lainnya,” pungkas pria asal Sembiran, Buleleng ini. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *