KRI Fatahillah sandar di Pelabuhan Tanah Ampo, Karangasem. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Sebuah kapal KRI Angkatan Laut (AL) sandar di Pelabuhan Tanah Ampo, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Selasa (8/11) sore. Kapal tersebut merapat di perairan Karangasem untuk pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar 15-16 November 2022 di Nusa Dua, Badung.

KSOP Padangbai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin, Rabu (9/11) membenarkan KRI AL Fatahillah (361) sandar di Pelabuhan Tanah Ampo Manggis. “Ya kapal KRI AL sandar dalam upaya untuk mendukung keamanan pelaksanan G20 di Bali,” ucapnya.

Baca juga:  Pangdam IX/Udayana Minta Personel Siap Amankan KTT G20

Hanya saja, kata Suyasmin, pihaknya tidak mengetahui kapal tersebut akan melakukan pengamanan di perairan mana. “Kami kurang tahu untuk wilayah operasinya, karena hanya numpang sandar untuk berlindung saja di Pelabuhan Tanah Ampo,” kata Suyasmin.

Sementara itu, Komandan KRI Fatahillah 361, Letkol Laut Wirasetya Haprabu, menjelaskan, kehadiran kapal itu serangkaian pengamanan KTT G20 yang berlangsung di Bali. “Kapal KRI Fatahillah 361 ini membawa 118 personil dengan kualifikasi sesuai peralatan dan senjata yang diawaki oleh kapal ini,” ucapnya.

Baca juga:  Dari Prosesi Puncak Palebon Ida Cokorda Pemecutan XI hingga Nasional Catat Tambahan Ribuan Kasus COVID-19

Haprabu, menjelaskan, pihaknya akan melakukan pengamanan pada 15 dan 16 November. Akan tetapi, berada di Bali hingga h+3 yakni sampai dengan 20 November. “Ya kita akan lakukan pengamanan di wilayah Karangasem karena wilayah cukup ramai dilintasi kapal-kapal,” imbuhnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN