TFG Tahap I pengamanan G20 dilaksanakan di Gedung PRG Polda Bali, Jumat (4/11). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – TNI-Polri mengerahkan kekuatan untuk menjaga Bali dalam rangka menyukseskan pelaksanaan G20 yang puncaknya pada 15-16 November mendatang. TNI mengerahkan 14 ribu personel untuk Satgas Pengamanan Wilayah dan Satgas Evakuasi Bencana. Sedangkan Polri menerjunkan 9.700 anggotanya.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Satake Bayu, Jumat (4/11) menjelaskan, Polri terus mematangkan pengamanan. Jumlah personel yang dikerahkan 9.700 orang, diantaranya dari Mabes Polri 3.819 orang, Polda Jawa Timur 345 orang, Polda NTB 185 orang dan Polda Bali 4.436 orang.

Baca juga:  Gempabumi di Jatim Dipicu Sesar Aktif

Terkait Operasi Puri Agung 2022, dilaksanakan Tactical Floor Game (TFG) Tahap I pengamanan G20 di Gedung PRG Polda Bali dipimpin Kabagbinlatops Robinops Sops Polri Kombes Pol. Laksana. TFG ini merupakan sebuah pemaparan untuk menyimulasikan pergerakan dari unsur-unsur, pelaku atau orang, melalui sebuah peta yang diletakkan di lantai yang disetia tempat kegiatan berisi jumlah personel,sarana dan prasarana yang dipakai.

Tujuannya untuk mempermudah memberikan gambaran tentang pergerakan personel dan dapat memahami tugas pokok, fungsi, dan perannya masing-masing dalam melaksanakan pengamanan baik pada saat aman maupun situasi kontijensi. Pengamanan yang dilakukan melibatkan personel gabungan yang tergabung dalam Satgas Pamwil Bali bersama BKO dari Mabes Polri, Polda NTB serta Polda Jawa Timur sebanyak 9.700 personel.

Baca juga:  Diskes Bali Siapkan Ruangan Khusus Tamu VIP di Lokasi G20

“Dengan adanya TFG ini diharapkan persiapan matang dan baik, maka segala potensi kerawanan yang sudah dipetakan dapat diminimalkan sehingga pelaksanaan Presidensi G20 berjalan aman dan lancar,” ujar Kombes Laksana. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *