Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kasus dugaan penolakan pasien di dua RS yang diselidiki Polda Bali masih terus bergulir. Tim penyidik Kepolisian Daerah (Polda) Bali, pada Senin (24/10) melakukan pemeriksaan terhadap beberapa orang perawat dan teknisi Closed Circuit Television (CCTV) terkait dugaan penolakan pasien.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Bali Komisaris Besar Polisi Stefanus Satake Bayu Setianto, dikutip dari Kantor Berita Antara, mengatakan pemeriksaan terhadap beberapa pekerja medis dan pegawai Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya tersebut masih dalam tahap penyelidikan. Ini, untuk mendapatkan keterangan terkait laporan warga akan penolakan pasien hingga menyebabkan pasien meninggal dunia.

Sejauh ini, kata Satake Bayu, penyidik belum memastikan apakah sudah ada tindak pidana dalam kasus tersebut karena harus melakukan pemeriksaan saksi-saksi terkait. “Ini kan masih tahap penyelidikan. Belum masuk dalam kepastian itu (tindak pidana penolakan). Untuk sementara, kita akan panggilkan beberapa saksi dulu,” katanya.

Baca juga:  Kasus Dugaan Dua RS Tolak Pasien, Polda Segera ke TKP

Satake Bayu mengatakan pemeriksaan terhadap tiga orang tersebut terdiri dari dua orang perawat berinisial IPEM dan KW, serta satu orang teknisi CCTV berinisial INAK berlangsung pada Senin pagi di Kantor Direktorat Reserse Krimininal Khusus (Dirkrimsus) Polda Bali.

Selain itu, Satake Bayu pun menyatakan penyidik Polda Bali akan kembali melakukan pemeriksaan terhadap beberapa orang lainnya di lingkungan RSUD Wangaya Denpasar.

“Rencana untuk besok yang akan dilakukan pemeriksaan terhadap tiga orang terdiri dari dua orang dokter dan satu kepala ruangan,” katanya.

Baca juga:  Pengungkapan Kasus Narkoba Terbesar di Bali, Sindikat Narkoba Kalsel Terima 25 Kilo SS

Dua orang dokter yang dimaksud adalah dokter berinisial IPARP (dokter internship) dan dokter PWS (dokter IGD RSUD Wangaya), serta DNSM.

Sementara itu, pemeriksaan terhadap terlapor lainnya yaitu RS Manuaba belum dilakukan menanti jadwal dari penyidik Polda Bali.

“Pemeriksaan pasti semua ya. Tinggal tunggu dari penyidik Krimus saja,” kata dia.

Dua rumah sakit yakni RSUD Wangaya dan RS Manuaba dilaporkan Kadek Suastama Mayong (46) kepada Polda Bali atas dugaan adanya penolakan terhadap pasien bernama Nengah Sariani.

Melalui pengacaranya, Kadek Suastama Mayong menduga melaporkan kedua rumah sakit tersebut karena diduga melakukan pelanggaran terhadap pasal 32, pasal 190 ayat (1) dan ayat (2) UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, serta pasal 59 ayat (1) UU 36 tahun 2014 KUHP tentang tenaga Kesehatan yang mengakibatkan korban meninggal dunia.

Baca juga:  Pascateror Bom, Pengamanan Gilimanuk Diperketat

Menanggapi laporan tersebut, Direktur Utama RS Wangaya Denpasar, dr. Anak Agung Made Widiasa dalam siaran persnya beberapa waktu lalu menyatakan bahwa pihaknya tidak menolak pasien seperti yang dilaporkan oleh pelapor di Polda Bali.

Dia menyatakan tindakan yang dilakukan oleh tim medis dari RSUD Wangaya sesuai dengan standar operasional prosedur yang berlaku di rumah sakit tersebut, sehingga tidak terdapat pelanggan terhadap undang-undang kesehatan yang dilaporkan pihak pelapor. (kmb/balipost)

BAGIKAN