Ilustrasi pengendara menerobos hujan saat melintasi jalan protokol Palembang. (BP/Dokumen Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Sebagian kota besar di Indonesia diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas beragam. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hal tersebut.

Menurut informasi di infoBMKG dipantau secara daring di Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Minggu (21/8), terpantau adanya pusaran angin atau sirkulasi siklonik yang berada di Samudra Hindia, barat Sumatera Barat yang membentuk daerah konvergensi atau pertemuan angin Samudra Hindia Barat Lampung hingga Sumatera Barat.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang di Sumatera bagian utara, Aceh, dari Sumatera Barat hingga Sumatera Utara, di Samudra Hindia Barat Daya Banten, dari Kepulauan Bangka Belitung hingga Laut China Selatan, dari laut Jawa hingga Sumatera Selatan, dari Jawa Timur hingga Jawa Barat, dari Kalimantan Barat hingga Laut China Selatan, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah, dari Kalimantan timur hingga Utara Kalimantan, dari Laut Banda hingga Selat Makassar, dari laut Sulawesi hingga laut Filipina, di Maluku Utara, di Maluku, dari Papua hingga Papua Barat, dan di Samudra Pasifik di utara Papua Barat.

Baca juga:  BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi 24-25 Juli

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut. Selain itu peningkatan Kecepatan angin lebih besar dari 25 knot terpantau di Samudra Hindia Barat Daya Lampung, selatan Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Laut Seram dan Laut Arafura, yang mampu meningkatkan ketinggian gelombang laut di wilayah wilayah perairan tersebut.

Dari Pulau Sumatera secara umum kondisi cuaca di pulau Sumatera berpotensi terjadi hujan. Hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Kota Banda Aceh dan Kota Pangkalpinang.

Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang di kota Medan dan hujan yang disertai kilat atau petir di Kota Tanjungpinang. Sedangkan untuk kota Pekanbaru, umumnya kondisi cuaca berkabut.

Baca juga:  Bali Masuk 5 Besar Angka Kesembuhan Tertinggi Nasional, Ini Peringkatnya

Wilayah lainnya di pulau Sumatera yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan adalah di Kota Padang dan Kota Bengkulu. Waspada potensi hujan petir yang diperkirakan terjadi di Kota Jambi, di kota Palembang, dan Kota Bandar Lampung. Sama halnya dengan pulau Sumatera kondisi cuaca di pulau Kalimantan umumnya didominasi dengan cuaca hujan.

Potensi hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di kota Palangkaraya dan Kota Samarinda. Waspadai potensi hujan yang disertai kilat atau Petir yang diperkirakan terjadi di kota Pontianak dan Kota Banjarmasin. Sedangkan untuk kota Tanjung Selor, kondisi cuaca umumnya berkabut.

Untuk Pulau Jawa, di Kota Serang, Kota Jakarta, Kota Bandung, dan Yogyakarta berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan. Sedangkan Kota Semarang umumnya kondisi cuaca berawan, dan Kota Surabaya umumnya cerah berawan.

Baca juga:  BNPB : Satelit Himawari Belum Tunjukkan Hujan Abu Gunung Agung

Di wilayah kepulauan Bali dan Nusa Tenggara, kondisi cuaca di Kepulauan Nusa Tenggara cukup kondusif yaitu cerah berawan hingga berawan, dengan suhu udara berkisar antara 20 hingga 32 derajat Celsius.

Beralih ke pulau Sulawesi, kondisi cuaca umumnya berawan hingga berpotensi hujan dengan intensitas sedang. Kota Manado dan kota Kendari umumnya kondisi cuaca berawan, sedangkan hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di kota Palu, Kota Makassar, dan Gorontalo. Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang yang diperkirakan terjadi di Kota Mamuju.

Di wilayah Indonesia Timur Kota Ambon, Kota Manokwari, dan kota Jayapura berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan, sedangkan perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang yang diperkirakan terjadi di Kota Ternate. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *