Puskesmas dan Kelurahan melakukan cek kesehatan pekerja hiburan malam di Gilimanuk. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Tim kesehatan bersama Kelurahan Gilimanuk, Senin (25/7) melakukan pemeriksaan kesehatan para pekerja hiburan di wilayah perbatasan Jawa-Bali itu. Selain memastikan sudah melakukan vaksinasi COVID-19 booster (dosis III), tim dari Puskesmas II Melaya juga melakukan pemeriksaan kesehatan dengan mengambil sampel darah.

Upaya ini dilakukan pada para pekerja hiburan malam karena dinilai berisiko tinggi. Petugas melakukan jemput bola ke sejumlah tempat hiburan dan tempat tinggal sementara.

Baca juga:  Usai Divaksinasi Covid-19, Ini Kata Kapolresta

Lurah Gilimanuk, Ida Bagus Tony Wirahadikusuma, mengatakan pemeriksaan kesehatan ini menyasar 9 orang pekerja hiburan malam. Pekan lalu juga dilakukan menyasar 13 orang pekerja hiburan malam.

Menurutnya seluruh pekerja selain didata terkait kependudukan juga kooperatif untuk pemeriksaan kesehatan. Pemeriksan kesehatan ini menurutnya rutin dilakukan di titik-titik rawan untuk pencegahan penyebaran penyakit. Pemeriksaan dilakukan untuk skrining TBC, HIV Aids dan lain-lain.

Di tahap pertama ini, pemeriksaan kesehatan menyasar pekerja hiburan malam. Di tahap selanjutnya, pemeriksaan terbuka untuk masyarakat sekitar Kelurahan Gilimanuk. “Kita lakukan di awal memang untuk pekerja hiburan malam, nantinya terbuka umum untuk masyarakat di Gilimanuk,” katanya. (Surya Dharma/balipost)

Baca juga:  Ini, Sasaran Penerima Vaksin Tahap Pertama di Bali
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *