DPW Poltekpar Bali menggelar sosialisasi tata kelola desa wisata dan pemanfaatan media digital untuk promosi pariwisata di Desa Kedisan. (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali dilaksanakan oleh Program Studi Destinasi Pariwisata (DPW) pada Minggu (26/6). Kegiatan ini merupakan pendampingan selama 3 tahun sebagai salah satu dari tugas pokok atau fungsi dari sebuah Lembaga Pendidikan Tinggi.

Pada kegiatan kali ini mengambil tema “Sosialisasi Tata Kelola Desa Wisata dan Pemanfaatan Media Digital Di Desa Wisata Kedisan, Gianyar.” PKM dibuka Direktur Poltekpar Bali, Drs Ida Bagus Putu Puja, M.Kes.

Piuja menyatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada Perbekel Desa Kedisan yang telah memfasilitasi kegiatan PKM ini. Diharapkan kegiatan ini memberikan manfaat sehingga Desa Wisata Kedisan lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Baca juga:  Tunjang Festival Jatiluwih, MKH Poltekpar Bali Gelar Pelatihan Bahasa Asing

Ia mengutarakan kegiatan ini tidak berakhir sampai di sini. “Perlu pendampingan yang berkelanjutan dengan Mou antara Desa Wisata Kedisan dan Poltekpar Bali,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan PKM Prodi DPW, Ida Bagus Gede Agung Widana, SH., Dipl.TM,. M.Par mengharapkan kesempatan sosialisasi ini bisa menghasilkan kolaborasi memajukan Desa Wisata Kedisan.

Turut hadir juga Perbekel Desa Wisata Kedisan, Dewa Ketut Raka. Ia berharap PKM ini membawa dampak yang baik untuk kemajuan Kedisan. Sehingga, masyarakat mendapatkan manfaat positif pariwisata.

Baca juga:  Kadek Dimas Jalani Pelatnas U-20 Secara Virtual

Hadir pula Kepala Unit P3M yang diwakilkan oleh Koordinator Bidang Penelitian, Made Tirtawati, S.Si., M.Par. Selain itu dosen dan mahasiswa semester 8 Prodi DPW Poltekpar Bali juga turut berpartisipasi.

Kegiatan PKM ini bertujuan memberikan pemahaman mengenai pengelolaan desa wisata serta pemanfaatan media digital untuk memperkenalkannya. Juga memberikan pengetahuan dan pemahaman pentingnya peran media digital dalam memperkenalkan potensi yang dimiliki oleh Kedisan.

Lewat pemaparan materi diskusi yang dilakukan pada kegiatan PKM ini, warga Kedisan diharapkan memperoleh gambaran yang dapat dilakukan agar ke depannya desa wisata ini lebih dikenal oleh masyarakat luas. Kegiatan ini melibatkan 30 peserta terdiri dari perangkat Desa Kedisan, pengurus BUMDES, perwakilan desa adat, perwakilan banjar dinas dan perwakilan organisasi pemuda dan perwakilan Kelompok Pemerhati Air Terjun 3 Rasa.

Baca juga:  Perkuat Kerjasama dengan Lembaga Keuangan, BPR Lestari Gelar Event Master Class

Dihadirkan dua narasumber atau fasilitator dalam sosialisasi ini, yakni I.B. G.A. Widana, SH., Dipl.TM., M.Par dengan materi “Pengelolaan Desa Wisata” dan Dr. Luh Yusni Wiarti, A.Par., SE. M.Par., M.Rech dengan materi “Pemanfaatan Media Digital untuk Desa Wisata.” (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *