Kegiatan Hari Yoga Internasional, Selasa (21/6) di Lapangan Puputan Margarana, Renon. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Konsul Jenderal India, di Bali, Prakash Chand, menekankan bahwa, Yoga merupakan aktivitas yang melambangkan penyatuan tubuh dan kesadaran. Kata ‘Yoga’ menurutnya berasal dari bahasa Sansekerta, yang memiliki makna menggabungkan atau menyatukan.

Secara fisik lanjut dia, yoga adalah kesatuan tubuh, pikiran, dan nafas. Begitu juga secara spiritual, yoga adalah kesatuan energi individu dengan energi universal.

“Jadi yoga adalah ilmu tentang kesatuan, kita semua adalah satu dan perasaan ini adalah yoga,” kata Prakash, di sela kegiatan Hari Yoga Internasional, Selasa (21/6) di Lapangan Puputan Margarana, Renon.

Baca juga:  KPU Gianyar Serahkan APK Pileg 2019

Pada Perayaan Hari Yoga Internasional ke-8, oleh Konsulat Jenderal India, Bali, dengan semangat “Azadi ka Amrit Mahotsav”, diikuti sebanyak 1.000 peserta dari seluruh daerah. Bahkan  kegiatan ini juga diikuti oleh wisatawan dari sejumlah negara.

Tahun ini menurutnya, India merayakan 75 tahun kemerdekaannya dan merayakan Hari Yoga Internasional ke-8 dengan tema “Yoga for Humanity”. Dikatakan, tahun ini, merupakan tahun kedua perayaan Hari Yoga Internasional dalam mode luring di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga:  Semarak BNI Digital Dalam Perayaan HUT BNI ke-72

Namun, sejak situasi pandemi kembali normal, pihak konsulat merayakan Hari Yoga Internasional ke-8, secara lebih besar di depan salah satu landmark terkenal Bali, Monumen Perjuangan Rakyat Bali dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *