Tangkapan layar konferensi pers virtual tentang haji. (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Sebanyak 3.169 calon haji dari lima embarkasi akan diberangkatkan 5 Juni 2022. Kelima embarkasi tersebut adalah Padang, Bekasi, Solo, Surabaya dan Embarkasi Jakarta-Pondok Gede. “Kemarin telah diberangkatkan 2.776 orang, sementara hari ini diberangkatkan 3.169 orang dari total delapan kelompok terbang dari lima embarkasi,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Ahmad Abdullah, dikutip dari kantor berita Antara, Minggu (5/6).

Dengan demikian, kata dia, maka jumlah total jamaah calon haji yang telah diberangkatkan sejak kemarin hingga hari ini sebanyak 5.945 orang. “Seperti kemarin, jamaah calon haji yang diberangkatkan hari ini juga akan mendarat di Madinah,” katanya.

Baca juga:  Pesawat Lion Air Dipastikan Jatuh

Ahmad Abdullah menambahkan kondisi cuaca di Madinah pada hari ini berkisar antara 30-43 derajat Celcius dengan tingkat kelembapan rata-rata sekitar delapan persen.

“Pemerintah kembali mengingatkan seluruh jamaah calon haji untuk mewaspadai kondisi cuaca, sehingga membatasi aktivitas di luar ruangan,” katanya.

Selain itu, kata dia, jamaah calon haji diimbau untuk menjaga kondisi kesehatan, menjaga pola makan serta istirahat yang cukup.

Selain menjaga kondisi kesehatan, pihaknya juga mengingatkan jamaah calon haji untuk tetap menjaga protokol kesehatan. “Masing-masing calon haji diimbau untuk menjaga kondisi kesehatan, makan dan minum tepat waktu, juga istirahat yang cukup. Kami juga meminta keluarga untuk mengingatkan mengenai informasi dan imbauan tersebut kepada calon haji, baik yang sudah berangkat maupun yang belum,” katanya.

Baca juga:  Cegah Wabah PMK, Vaksinasi Dilakukan "Door to Door"

Sementara itu, Ahmad Abdullah juga kembali menginformasikan mengenai satu orang calon haji yang wafat setibanya di Tanah Suci yaitu Suhati Rahmat Ali, jamaah yang tergabung dalam Kelompok Terbang 1 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede. (kmb/balipost)

BAGIKAN