Gedung D di RSD Mangusada, Kapal Mengwi. (BP/Dokumen)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Lama tak terpakai pascapembangunan, gedung D di Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada segera dimanfaatkan. Kabarnya, gedung yang telah diserahkan oleh Pemkab Badung kepada RSD Mangusada itu akan mendapat tambahan bed untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat di Gumi Keris.

Dirut RSD Mangusada, dr. I Wayan Darta, Kamis (26/5) mengatakan, selain penambahan bed, pemanfaatan gedung juga akan dilakukan pada Juni atau Juli. Pihaknya mengakui saat ini memfokuskan untuk meningkatkan pelayanan. “Untuk rawat inap kini sudah seperti semula, mencapai ratusan bed. Sehingga kita akan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Baca juga:  Efektif Mulai 7 Januari 2022, Ini Lima Penyesuaian Aturan PPLN

Diakui, dalam waktu dekat pihaknya juga akan memanfaatkan gedung baru di RSD Mangusada. Pada tahap pertama pihaknya akan memanfaatkan gedung D, dengan melengkapi fasilitas penunjang. “Jadi untuk gedung D kita akan manfaatkan dari lantai satu sampai lantai tiga. Pada lantai satu akan digunakan untuk poliklinik. Selanjutnya pada lantai dua ruang perawatan insentif dan lantai tiga ruang inap,” bebernya.

Pihaknya memperkirakan pemanfaatan gedung akan dilakukan sekitar Juli mendatang. Bahkan nantinya akan ada penambahan 90 bed di ruang tersebut. “Jadi untuk di ruang perawatan intensif akan ada penambahan 30 bed. Begitu juga untuk ruang rawat inap 60 bed,” bebernya.

Baca juga:  Bupati Sanjaya Ajak Berantas Hoaks Vaksin

Lebih lanjut dikatakan, sebelum dimanfaatkan dirinya sempat melakukan pengadaan ipal dan hidran pada gedung D. Pengadaan ipal itu pun sampai menelan anggaran Rp25 miliar. “Jadi semuanya sudah lengkap. Tinggal kita manfaatkan saja,” tegasnya.

Terkait turunnya kasus Covid-19, dr. Darta mengakui kini dirinya tidak lagi menyediakan ruangan pasien Covid-19. Hal itu dilakukan seiring dengan keputusan Presiden Jokowi terkait melonggarkan kebijakan penggunaan masker di luar ruangan.

Baca juga:  Sudah Sembuh, Dua Anggota DPRD Ini Ungkap Gejala Awal Terkonfirmasi COVID-19

Selain itu, kasus Covid-19 di Kabupaten Badung sudah turun drastis, hingga membuat pasien positif Covid-19 juga tidak ada. Hal itu justru menambah ruang inap yang ada di RSD Mangusada, mengingat sebelumnya ruang rawat inap digunakan untuk pasien Covid-19.

Seperti diketahui, gedung baru di RSD Mangusada, Kelurahan Kapal, Kecamatan Mengwi, dibangun sejak tahun 2018 Pada APBD perubahan tahun 2021 anggaran juga difokuskan terhadap pemanfaatan gedung baru tersebut, dengan besaran mencapai Rp33 miliar. Anggaran digunakan untuk melengkapi fasilitas gedung yang akan dimanfaatkan. (Parwata/balipost)

BAGIKAN