Salah satu reservoar di Tabanan. (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Perumda Air Minum Tirta Amertha Buana (TAB) Tabanan menjamin layanan air bersih ke pelanggan saat Nyepi tahun ini. Pihak TAB menyiapkan dua orang petugas jaga di masing-masing reservoar selama 24 jam.

Kepala Bagian Hubungan Langganan Perumda TAB Tabanan, I.B. Marjaya Wirata, didampingi Kasubag Humas Perumda TAB, Agus Suanjaya menyampaikan, layanan air bersih untuk pelanggan mesti tetap terjaga selama catur brata penyepian berlangsung. Antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat Nyepi, sudah dilakukan berbagai upaya. Seperti, melakukan penyisiran pipa distribusi dan membersihkan instalasi pengolahan air (IPA) serta sumber-sumber air yang dimiliki. “Dua orang petugas disiagakan saat libur Nyepi untuk memantau pendistribusian air khususnya di reservoar,” terangnya, Jumat (25/2).

Baca juga:  Curah Hujan Tinggi, Distribusi Air Bersih Kerap Terdampak

Reservoar ada sekitar 16 titik lokasi tersebar di masing-masing kecamatan di Tabanan. Seperti, di Kecamatan Baturiti ada di titik Desa Candikuning dan Desa Luwus, kemudian di Kecamatan Marga ada di Gangsang dan Dedari. “Jadi total sekitar 30 petugas opersional yang tetap stand by saat libur Nyepi, termasuk dua orang juga berjaga di kantor induk untuk menerima kemungkinan adanya informasi pengaduan layanan,” ucapnya.

Baca juga:  Mobil Rombongan "Meajar-ajar" Terperosok ke Sungai

Dikatakannya, untuk kebutuhan air saat Nyepi biasanya tidak mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan pemakaian saat jelang hari raya Galungan. Rata-rata penggunaan air di rumah tangga di Tabanan sesuai data Januari, ada di angka 19,42 sampai 21 meter kubik. “Kita juga tidak tahu kalau masalah alam, karena bisa jadi ada gangguan di lapangan tanpa kita duga sebelumnya. Untuk itu masyarakat kami himbau seperti biasa untuk tetap menampung air mengantisipasi kemungkinan adanya gangguan layanan,” sarannya. (Puspawati/balipost)

Baca juga:  Ini, Diduga Penyebab Jatuhnya Dua Pesawat Tempur TNI AU
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *