Bupati Karangasem, I Gede Dana saat melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan Politeknik Negeri Bali (PNB). (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Bupati Karangasem I Gede Dana memiliki keinginan besar adanya perguruan tinggi di Bumi Lahar. Keseriusan itu dibuktikan dengan penandatanganan kesepakatan bersama dengan Politeknik Negeri Bali (PNB), tentang Peningkatan Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Kabupaten Karangasem, pada acara Workshop Pemetaan Potensi Bisnis Politeknik Negeri Bali, di Hotel Ibis Style Benoa, Selasa (22/2). Nota Kesepakatan ditandatangani oleh Bupati I Gede Dana dan Direktur PNB I Nyoman Abdi.

Bupati Gede Dana, mengungkapkan, kalau pihaknya ingin memperjuangkan dunia pendidikan di Karangasem. Sebab, pihaknya ingin mendekatkan akses pendidikan. Karena itu akan sangat berpengaruh terhadap meningkatnya kualitas pendidikan di Karangasem di tengah menurunnya perekonomian global.

Baca juga:  Berturut-turut Raih Tujuh Kali WTP, Pemkab Karangasem Terima Reward DID

“Saya tidak ingin hanya karena terkendala banyaknya biaya kuliah di luar daerah, membuat masyarakat enggan melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi. Jadi, saya mengucapkan banyak terimakasih atas pertemuan hari. Semoga MoU yang kita sepakati dapat segera merealisasikan mimpi masyarakat kami memiliki perguruan tingginya sendiri,” ucapnya.

Gede Dana, menambahkan, saat ini IPM Karangasem masih rendah. Pihaknya ingin, di masa kepemimpinannya, perguruan tinggi dapat dibangun di Karangasem.

Baca juga:  Longsor Ancam Embung Temukus

Jelas dia, setiap tahunnya, Karangasem memiliki angkatan yang menamatkan Siswa SMA kurang lebih sekitar 5.000 orang lebih. Siswa yang tamat ini butuh tempat belajar yang nyaman seperti Politeknik Negeri.

“Tamatannya atau lulusannya sudah siap kerja. Langkah ini sejalan dengan program prioritas di bidang pendidikan yang masuk dalam visi misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, melalui pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Karangasem Era Baru,” katanya.

Baca juga:  Setelah Permukiman Warga, Bantuan Pembaca Bali Post Diserahkan ke Sekolah Selat

Dia menjelaskan, untuk pembangunan itu, Pemkab Karamgasem telah menyiapkan dua Lokasi untuk PNB di Karangasem. Diantaranya, di SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) Jasri seluas 1 hektar lebih dan di BLK Dinas Tenaga Kerja Kelurahan Subagan seluas 2 hektare. “Ini kami terus kejar untuk dipercepat. Jika diijinkan, tahun ini kami siap menerima mahasiswa,” tandas Gede Dana. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *