Ilustrasi - Sejumlah perahu nelayan ditambatkan di Pantai Kampung Lere, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (15/6/2021). (BP/Ant)

KOTA PALU, BALIPOST.com – Sesuai prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Palu, suhu di Kota Palu saat ini tercatat 19.4 derajat Celcius. Dengan demikian Kota Palu tercatat sebagai daerah terdingin di wilayah Sulawesi Tengah, pada Selasa (22/2).

Menurut petugas BMKG Meteorologi Palu, Ambinari Rachmi Putri mengatakan, suhu ini terbilang normal, meski suhu minimum Kota Palu biasanya 22-23 derajat Celcius. “Biasanya suhu Kota Palu minimumnya 22-23derajat celcius,” ungkapnya, Selasa.

Baca juga:  Waspadai Potensi Gempa Besar di Bali Selatan

Ambinari Putri menjelaskan suhu dingin ini disebabkan karena beberapa hari terakhir Kota Palu terus diguyur hujan sehingga membentuk awan tebal dan menghalangi sinar matahari. “Kenapa hari ini bisa mencapai 19.4 derajat, karena sejak beberapa hari lalu cuaca di kota Palu hujan, sehingga terbentuk awan tebal dan awan tersebut menghalangi masuknya sinar matahari,” ujarnya.

Dari analisa BMKG Meteorologi Palu, terlihat ilustrasi awan dengan berwarna abu dari alat radiosonde. “Terlihat pada ilustrasi awan berwarna abu abu, keluaran alat radiosonde pada gambar, awan yg terbentuk di langit tebalnya mencapai ketinggian 16 kilometer ke atas,” paparnya.

Baca juga:  BMKG Jelaskan Faktor Penyebab Suhu Udara Panas Awal Bulan Mei

Data BMKG Meteorologi Palu, selain sebagai daerah paling dingin di wilayah Sulawesi Tengah, Kota Palu juga masuk di urutan ke 7 daerah paling dingin seluruh Indonesia. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *