Pemedek saat melakukan persembahyangan pada puncak Usaba Pura Dalem Puri Besakih, pada Jumat (7/1) . Suasana arus lalulintas ramai lancar. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pelaksanaan puncak Usaba Pura Dalem Puri Besakih jatuh pada Jumat (7/1). Saat puncak usaba ini, pemedek yang tangkil ramai namun tidak sampai menimbulkan kemacetan panjang.

Bendesa Adat Besakih, Jro Mangku Widiartha, Jumat (7/1) mengungkapkan, kalau pemedek yang melakukan persembahyangan tetap ramai. Sebelum puncak usaba, pemedek yang tangkil juga terus berdatangan.

“Untuk hari ini, Astungkara ramai lancar. Tidak ada kemacetan yang ditimbulkan terlalu panjang. Kemungkinan hari ini pemedek ramai, karena besok (Sabtu, 8 Januari) usaba sudah disineb. Tapi, seperti tahun-tahun sebelumnya, meski usaba masineb masih ada umat yang sembahyang,” ucapnya.

Baca juga:  Usaba di Pura Dalem Puri Besakih Digelar 24 Januari, "Nyejer" 7 Hari

Sementara itu, Kadus Banjar Batumadeg, I Putu Eka Januarta, juga menyampaikan hal yang sama. Kalau suasana pada puncak usaba hari ini cukup ramai. Kendati begitu, untuk arus lalu lintas terbilang lancar.

“Pagi tadi sempat terjadi kemacetan. Tapi, siangnya sudah mulai lenggang dan sekarang arus lalin ramai lancar. Kantong-kantong parkir pribadi full berisi kendaraan. Tapi, karena ada keluar masuk, jadi masih bisa menampung kendaraan pemedek yang datang,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Tumpek Landep
BAGIKAN