Panglingsir Besakih saat melaksanakan paruman pada Rabu (8/1) jelang pelaksanaan Usaba di Pura Dalem Puri Besakih. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pelaksanaan Usaba di Pura Dalem Puri, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem mulai dilaksanakan pada 24 Januari mendatang. Usaba tahun ini, akan nyejer selam tujuh hari.

Pengemong Pura Dalem Puri Besakih, I Gusti Mangku Kubayan, Kamis (9/1) mengatakan, sebelum usaha dimulai, pihaknya telah melakukan paruman untuk membahasan terkait pelaksanan usaba. “Paruman untuk membahas karya telah digelar Rabu (8/1),” ucapnya.

Baca juga:  Puncak Usabha Pura Dalem Puri Besakih, Simak Pemetaan Lalin Agar Tak Terjebak Macet

Kubayan mengatakan, Ida Bhatara Nyejer selama tujuh hari. Kata dia, usaba bakal diawali dengan upacara Nedunang Ida Bhatara pada Sukra Wage Warige, Jumat, 24 Januari mendatang. “Ucapara nurun akan dilakukan pukul 17.00 Wita. Lokasinya di Pura Merajan Selonding. Upacara nurun di puput pemangku,” katanya.

Selanjutnya, kata Kubayan, pada Sabtu (25/1) katuran ayaban di Pura Dalem Puri, Minggu (26/1) juga katur ayaban. Sedangkan pada Senin (27/1) merupakan puncak karya. Dan setelah itu, katuran penganyar. “Dan usaba bakal kasineb Jumat (31/1). Upacara penyineban dilakukan pukul 17.00 Wita,” paparnya.

Baca juga:  Pascadikeluhkan Pemedek, Tumpukan Sampah di Pura Dalem Puri Mulai Dibersihkan

Dia menjelaskan, bagi krama yang mau ngaturang ayah untuk mempersiapkan usaba dipersilakan. Termasuk, krama yang hendak ngaturang punia, berupa sarana upakara juga disilakan. “Kalau ada krama yang ngaturang sarana upakara kami silakan. Karena, sarana upakara memang dibutuhkan jelang pelaksaaan usaba,” jelas Kubayan. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.