Seorang pemedek ditangani petugas kesehatan karena kelelahan saat tangkil ke Pura Dalem Puri Besakih, Karangasem. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pemedek yang tangkil melakukan persembahyangan serangkaian Usaba Pitra di Pura Dalem Puri Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, pada Minggu (14/1) sangat membeludak. Sejumlah pemedek mengalami kelehanan akibat berdesak-desakan sehingga harus mendapatkan penanganan medis.

Salah seorang pecalang Desa Adat Besakih, I Gede Paruna, Senin (15/1), mengungkapkan, pemedek yang tangkil melakukan persembahyangan memang sangat membeludak. “Ya, kemarin cukup banyak pemedek yang mendapatkan penanganan medis karena kelelahan berdesak-desakan saat sembahyang. Saya saja membantu evakuasi sekitar lima orang, belum lagi yang ditangani oleh pengayah yang lainnya,” ucapnya.

Baca juga:  Geopark Batur Direvalidasi Unesco, Ada 4 Rekomendasi Belum Ditindaklanjuti

Paruna mengatakan, para pemedek yang mengalami kelelahan itu langsung ditangani oleh tim medis yang bertugas di kawasan Pura Dalem Puri. “Mereka di observasi, setelah itu ada yang dirujuk ke Puskesmas Rendang untuk mendapat penanganan lebih lanjut,” katanya.

Dia menjelaskan, hari ini merupakan puncak Usaba Pitra di Pura Dalem Puri. Akan tetapi, situasi pagi ini masih sepi. “Sekarang pemedek masih landai,” imbuhnya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Puluhan KK di Asahduren Diusulkan Terima BLT, Cuma Segini yang Lolos
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *