Umat Hindu yang bersembahyang ke Pura Dalem Puri Besakih meningkat seiring akan digelarnya puncak Usaba di pura tersebut. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Menjelang pelaksanaan puncak Usaba Pura Dalem Puri, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem yang jatuh pada Jumat (7/1), pemedek yang tangkil melakukan persembahyangan mulai membludak. Situasi itu, membuat arus lalu lintas di Besakih mulai macet.

Kadus Banjar Batumadeg, I Putu Eka Januarta, saat dikonfirmasi, Rabu (5/1) menuturkan saat ini pemedek mulai ramai tangkil melakukan persembahyangan ke Pura Dalem Puri. “Ya mulai ramai pemedek. Dari kemarin pemedek mulai membludak,” ucapnya.

Baca juga:  Karangasem Ajukan Empat Kebudayaan Jadi Warisan Tak Benda

Januarta, menambahkan, arus lalin di Besakih kini mulai padat. Hal itu dipicu kurangnya lahan parkir kendaraan karena masih dalam proses penataan.

“Sekarang di Besakih mulai macet. Semua pintu masuk ke Besakih mulai krodit. Termasuk kantong-kantong parkir pribadi tidak ada yang kosong, semuanya sudah penuh terisi kendaraan pemedek,” katanya.

Dia menjelaskan, situasi itu membuat petugas kepolisian sedikit kewalahan mangatur kendaraan yang datang maupun pergi. “Petugas kepolisian tetap ada berjaga di sejumlah titik pintu masuk dan keluar. Tapi, tetap kewalahan karena membeludaknya pemedek. Kendaraan sampai sulit bergerak saking padatnya,” tandas Januarta. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Upacara Mapepade Digelar di Pura Banua Kawan
BAGIKAN