PELATARAN-Suasana pedagang di pelataran Pasar Kumbasari, setelah dilakukan renovasi tahap pertama. (BP/Ara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Rampungnya penataan Pasar Kumbasari tahap pertama Desember lalu, mulai ditindaklanjuti jajaran Perumda Pasar Sewaka Dharma. Bila sebelumnya pedagang pelataran di pindah ke basement Pasar Badung, kini secara bertahap mulai di uji coba untuk berjualan di pelataran Pasar Kumbasari.

Dirut Perumda Pasar Sewaka Dharma, I.B.Kompyang Wiranata yang dihubungi, Selasa (4/1) menyatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan uji coba untuk pedagang pelataran Pasar Kumbasari. “Ya, sejak tiga hari lalu, kami mencoba untuk melakukan uji coba membuka kembali pedagang pelataran Kumbasari,” ujar Wiranata.

Baca juga:  Agung Marshel dan Kadek Buana Berpeluang ke Pelatnas

Dikatakan, dalam uji coba ini, pihaknya berusaha untuk menampilkan kesan yang lebih baik dari segi estetika, kenyamanan, serta keseragaman. Karena setelah penataan wajah Kumbasari harus tetap terjaga kebersihannya.

Dikatakan, dalam uji coba ini para pedagang secara swadaya menyiapkan payung serta meja yang digunakan untuk berjualan. Kesannya sudah mulai terlihat seragam. Tidak lagi ada kesan semrawut. “Itu murni pedagang yang secara swadaya menyiapkan. Kesannya supaya tampil lebih bersih,” ujar mantan Ketua Komisi II DPRD Denpasar ini.

Baca juga:  Cegah Transmisi Lokal, Urai Kepadatan Pedagang di Tiga Pasar di Buleleng

Dalam uji coba ini, pedagang yang berjualan di pelataran Pasar Kumbasari sebanyak 122 orang. Sisanya masih ada di pelataran Pasar Badung, pinggiran Tukad Badung, sebanyak 124 orang. Sedangkan untuk pedagang ikan sudah kembali ke lokasi semula di bawah sentral parkir selatan Pasar Kumbasari.

Terkait waktu buka mereka masih tetap seperti semula, yakni mulai pukul 17.00 hingga pukul 07.00. Masa uji coba ini akan melihat kondisi penataan tahap II. “Kemungkinan hingga berlangsungnya penataan tahap II nanti. Karena ada proyek yang akan dilakukan kembali,” jelasnya. (Asmara Putera/Balipost)

Baca juga:  Pascatewasnya Wisatawan Tiongkok, Toekad Rafting Masih Beroperasi
BAGIKAN