Pemeriksaan di Portal Galian C. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Berbagai upaya terus dilakukan Bupati Karangasem I Gede Dana untuk menekan seminimal mungkin kebocoran pajak sektor galian C. Sebab, tingkat kebocoran pajak sektor itu masih cukup tinggi.

Bupati Karangasem, I Gede Dana, mengungkapkan, di tengah situasi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, semua sektor sangat terpengaruh. Salah satunya pendapatan di sektor pariwisata sangat jeblok, mengingat belum pulihnya pariwisata hingga saat ini.

Untuk itu, sektor pendapatan terbesar bertumpu pada galian C. “Sektor galian c ini kini menjadi handalan kita untuk mendongkrak PAD. Ini yang akan kita maksimalkan. Caranya dengan menekan seminimal mungkin kebocoran pajak yang masih terjadi di sektor galian C ini. Dengan begitu, pendapatan bisa diraih dengan maksimal,” ucap Gede Dana belum lama ini.

Baca juga:  Dari Pesta di Kafe Saat PPKM Darurat hingga Setengah Tambahan Korban Jiwa COVID-19 dari Kabupaten Ini

Gede Dana, menambahkan, untuk menekan kebocoran sementara ini, pihaknya bakal kembali membangun portal papis di sejumlah titik strategis. Yakni, di wilayah Bukit Jambul Rendang, di Desa Lebu Sidemen, dan di perbatasan Karangasem-Klungkung Yeh Malet, dan Tianyar Barat Kubu. “Sekarang kita memiliki tujuh portal. Dengan tambahan empat pos portal batu itu, nantinya kita memiliki sebelas pos portal untuk pengawasan pajak itu. Kita harap, dengan upaya itu nantinya bisa menekan kebocoran,” jelasnya.

Baca juga:  Korban Jiwa COVID-19 Bali Masih Tambah 2 Digit, Terbanyak Dua Zona Orange Ini

Selain bakal membangun pos portal tambahan, kedepannya pihaknya juga bakal membangun portal elektronik. Di samping itu, nantinya juga bakal dilengkapi dengan CCTV di sejumlah titik.

Bila ada permainan akan kelihatan dan bisa dikejar oleh petugas. “Terobosan itu akan kita lakukan 2022. Kita harap dengan upaya itu, kita mampu menyelamatkan uang masyarakat di sektor ini. Karena uang yang didapat ini alan dikembalikan kepada masyarakat untuk pembangunan,” tegas Gede Dana. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Sopir Luar Karangasem Dilarang Ambil Material di Lokasi Galian C
BAGIKAN