Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak meninjau hutan mangrove di kawasan Pura Candi Narmada, Desa Pemogan, Denpasar. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Selasa (21/12), Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak menyusur Hutan Mangrove di kawasan Pura Candi Narmada, Desa Pemogan Denpasar. Rencananya akan dilakukan penanaman 2 ribu pohon bakau di lokasi itu.

Pangdam Maruli mengecek kondisi hutan bakau di wilayah tersebut menggunakan kano dipandu nelayan Segara Guna Batu Lumbang maupun personel Bekangdam IX/Udayana. Pengecekan dilakukan di titik penanaman pohon mangrove yang akan dijadikan tempat kunjungan para pemimpin G-20.

Baca juga:  Puluhan Oknum Tentara Diproses Kasus Desersi

Kesempatan tersebut, Dandim 1611/Badung Kolonel Inf Dody Trio Hadi memaparkan rencana kegiatan penanaman 2 ribu pohon mangrove. “Rencana seremonial penanaman 2 ribu pohon mangrove dilaksanakan hari Selasa tanggal 28 Desember 2021 di areal hutan mangrove Desa Pemogan, Denpasar. Kegiatan ini akan dihadiri 300 orang dari berbagai elemen” ujar Dandim Dody.

Kegiatan ini dilakukan untuk menjaga, merawat, mempertahankan serta melestarikan keberadaan hutan manggrove di wilayah Bali. Selain itu dalam rangka menghadapi dampak perubahan iklim dan menjadi warisan budaya dunia secara turun menurun sehingga bermanfaat bagi pemulihan ekonomi nasional.

Baca juga:  Pangdam IX Udayana Bantu Jaringan Pipa di Desa Kayu Putih Melaka

Kawasan hutan mangrove ini juga nantinya akan dibangun musium dan tempat persemaian mangrove. Upaya ini sebagai bukti bahwa Indonesia berkomitmen dan serius dalam merestorasi dan merehabilitasi hutan untuk menjaga perubahan iklim global. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN