Tangkapan layar Menteri LHK Siti Nurbaya dalam acara Climate Leaders Message dipantau virtual dari Jakarta, Kamis (28/10/2021) (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Evolusi di sektor lingkungan hidup terkait usaha mencegah perubahan iklim, termasuk berhasil menekan angka kebakaran hutan dan lahan telah terjadi di Indonesia. Hal itu dikatakan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

“Di tahun 2015 kita mengalami masa-masa yang sangat sulit, dengan 2,6 juta hektare kebakaran hutan termasuk di gambut. Kalau kita lihat sekarang 229 ribu datanya, itu semua kemajuan-kemajuan bukan hanya di kebakaran hutan, ada penanaman pohon, kreasi kemitraan di konservasi, ada kreasi macam-macam,” ujar Menteri LHK Siti dalam acara Climate Leaders Message yang dipantau virtual dari Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Kamis (28/10).

Baca juga:  Kominfo akan Atur Hak Penerbitan di Platform Digital

Berbagai kreasi dalam bidang lingkungan hidup itu, kata Siti, memperlihatkan perbaikan dan upaya untuk memperbaiki lingkungan dan kehutanan di Indonesia. Dia juga menyebutkan berbagai macam inisiatif untuk melestarikan lingkungan yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap perubahan iklim seperti Masyarakat Peduli Api dan Desa Peduli Gambut.

Langkah nyata juga dilakukan oleh Indonesia dengan meratifikasi Perjanjian Paris lewat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2016 tentang Persetujuan Paris Atas Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai Perubahan Iklim. “Peristiwa-peristiwa yang terjadi itu bisa kita tarik evolusinya, artinya perubahan secara gradual tapi sistematikanya bisa kita baca, dan ini menjadi sangat penting,” tegas Siti.

Baca juga:  Pendangkalan Parah, Danau Buyan Ditumbuhi Rumput dan Semak Liar

Jelang Konferensi Perubahan Iklim PBB ke-26 (COP26), Siti menjelaskan bahwa di konferensi yang akan diakan di Glasgow, Skotlandia pada November 2021 pihak Indonesia akan mempertegas komitmen dan ambisi untuk mencapai target untuk mencegah kenaikan suhu 1,5 derajat Celcius. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *