Seorang kurir pengiriman dengan sepeda motor dan seorang pengendara sepeda melintasi pusat kota selama penguncian COVID-19 di Sydney, Australia, Selasa (14/9). (BP/Ant)

SYDNEY, BALIPOST.com – Untuk membuka kembali aktivitas perekonomian di Negara Bagian New South Wales (NSW), pemerintah setempat akan mengeluarkan buku panduan, Senin (27/9). Buku tersebut akan menjelaskan berbagai tingkat kebebasan yang diberikan kepada warga negara berdasarkan status vaksinasi mereka.

Dengan 60 persen orang berusia 16 tahun ke atas yang diinokulasi penuh – di atas rata-rata nasional 52 persen – para pejabat berharap untuk mencapai target sebanyak 80 persen sekitar akhir Oktober, berdasarkan tingkat vaksinasi saat ini. “Anda akan terkejut dengan apa yang akan diumumkan,” kata Wakil Pemimpin Negara Bagian New South Wales John Barilaro kepada radio 2GB, dikutip dari kantor berita Antara.

Baca juga:  Tanpa Ijin, Satpol PP Stop Aktivitas Pembangunan Toko Modern di Kawan

Negara bagian New South Wales mulai melonggarkan beberapa pembatasan pada Senin, termasuk di ibu kota Sydney. Kegiatan konstruksi dapat kembali beroperasi dalam kapasitas penuh. Kolam renang dibuka kembali dengan langkah-langkah menjaga jarak.

Pihak berwenang pada Minggu berjanji bahwa perjalanan di dalam negara bagian akan diizinkan ketika ambang batas 80 persen tercapai. Australia berada dalam cengkeraman gelombang infeksi ketiga, dipicu oleh varian Delta yang lebih menular. Varian Delta membuat Sydney, Melbourne, Canberra dan kota-kota besar dikunci (lockdown).

Baca juga:  Sejumlah Peserta Kirab Obor Olimpiade Tokyo Terkonfirmasi COVID-19

Skema pembukaan kembali nasional pemerintah federal didasarkan pada Australia yang mencapai tingkat vaksinasi 70-80% untuk populasi orang dewasanya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *