Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya menolak MLB PHDI yang tidak sah. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Rabu (22/9), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Soal Mahasabha Luar Biasa, Sejumlah Organisasi Hindu Dukung Langkah PHDI Pusat

DENPASAR, BALIPOST.com – Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya menegaskan bahwa Mahasabha Luar Biasa (MLB) PHDI Bali yang diselenggarakan oleh ForKom PHDI Provinsi se-Indonesia di Wantilan Pura Samuan Tiga Gianyar pada 18-19 September 2021 tidak sah atau ilegal. Sebab, tidak sesuai dengan AD/ART PHDI.

Sikap tegas Wisnu Bawa Tenaya ini mendapat dukungan dari berbagai organisasi Hindu di Indonesia dalam bentuk pernyataan sikap. Dalam pernyataan sikap atas Mahasabha Luar Biasa PHDI Bernomor: 010/PN.00/2021, Pengurus Pusat Perkumpulan Acarya Hindu Nusantara (PP Pandu Nusa) mengatakan bahwa sebagai peserta Pesamuan Agung PHDI yang diselenggarakan pada 31 Juli sampai 1 Agustus 2021 lalu, pihaknya akan mematuhi hasil Keputusan Pesamuan Agung tersebut terkait dengan pelaksanaan Mahasabha PHDI.

Baca juga:  Pelajar Ditemukan Gantung Diri

Selengkapnya baca di sini

2. Testimoni Bali Dikepung Hotel

Merebaknya akomodasi pariwisata seperti hotel, vila dan jenis-jenis penginapan lainnya secara masif di Bali bukan tanpa alasan. Padahal di awal perkembangan pariwisata tahun 1970–1980-an, Pemprov Bali sangat ketat mengendalikan pertumbuhan jumlah akomodasi dengan kebijakan pembatasan pemberian izin investasi untuk hotel hanya di beberapa destinasi saja.

Bali sejatinya sejak tahun 1920-an sudah dikunjungi oleh orang asing terutama para petualang dari Benua Eropa dan Amerika meskipun masih dalam jumlah kecil. Keberadaan turis asing di Bali waktu itu secara tidak langsung menjadi promosi melalui tulisan perjalanannya di berbagai buku maupun media cetak lainnya tentang keindahan alam, budaya dan kehidupan masyarakat agraris di Bali.

Baca juga:  Makin Turun, Kasus COVID-19 Bali Bertambah Belasan Orang

Selengkapnya baca di sini

3. Parkir di Garasi, Mobil Terbakar

GIANYAR, BALIPOST.com – Sebuah mobil DK 1687 FB, Rabu (22/9) sekitar pukul 06.10 WITA terbakar saat diparkir di garasi. Kasatpol PP Gianyar I Made Watha mengatakan dugaan sementara mobil terbakar karena korsleting listrik.

Diungkapkannya, lokasi terbakarnya mobil ini di Jalan Dewi Sri, Banjar Menguntur, Desa Batubulan, Sukawati. Pemilik kendaraan yang terbakar tersebut I Wayan Sudana (40).

Selengkapnya baca di sini

4. Mutasi di Karangasem Timbulkan Masalah, Ada Penumpukan Guru Bidang Sama di Sejumlah Sekolah

AMLAPURA, BALIPOST.com – Mutasi guru di Kabupatan Karangasem menimbulkan masalah baru. Informasi dihimpun, ada sejumlah guru bidang keilmuan yang menumpuk di sejumlah sekolah, sementara ada sekolah yang mengalami kekosongan.

Baca juga:  MPP Karangasem Buat Krodit Jalan Gajah Mada

Di salah satu sekolah dasar negeri yang ada di Besakih misalnya, disebut akan ada 2 guru olah raga. Satunya merupakan pindahan, sedangkan guru olahraga di sekolah itu tetap di sana tidak dipindah. Di sisi lain, terdapat SD yang mengalami kekosongan guru olah raga.

Selengkapnya baca di sini

5. Bali Sudah Mayoritas Zona Kuning COVID-19

DENPASAR, BALIPOST.com – Bali yang melanjutkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 3 dalam 2 pekan ke depan, menunjukkan perbaikan kondisi penanganan COVID-19. Pada evaluasi zona risiko penyebaran COVID-19 per 19 September yang dirilis Rabu (22/9) di website Satgas Penanganan COVID-19 Nasional, terjadi perbaikan dibandingkan sepekan sebelumnya.

Dari data, zona Bali kini ada dua, yaitu Orange dan Kuning. Kabar baiknya, mayoritas wilayah kini menyandang status zona kuning atau risiko rendah penyebaran COVID-19.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *