Seorang ibu hamil di Badung diperiksa tensinya sebelum memperoleh vaksin COVID-19. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pemerintah Kabupaten Badung, melalui Dinas Kesehatan bersama RSD Mangusada menargetkan sasaran vaksinasi ibu hamil sebanyak 1.822 orang. Vaksinasi telah mulai dilakukan, Kamis (19/8).

Vaksinasi pertama ibu hamil dilaksanakan di Gedung RSD Mangusada, Kelurahan Kapal. Sekda Badung, I Wayan Adi Arnawa didampingi Kadis Kesehatan dr. I Nyoman Gunarta dan Plt. Direktur RSD Mangusada dr. I Ketut Japa, menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan serentak. “Untuk target per hari ada 100 ibu hamil yang disasar vaksinasi dan ini akan dilakukan secara bertahap sampai semua ibu hamil di badung kita vaksin,” katanya.

Baca juga:  Ini Jadwalnya, Vaksinasi Dosis Ketiga untuk Nakes di Bali Digelar Serentak

Menurut dokter kandungan RSD Mangusada dr. Sumardi, SpOG., ibu hamil baik mendapatkan vaksinasi pada umur kehamilan 14 minggu sampai 33 minggu. Dengan pemikiran bahwa 14 minggu itu janin dalam kandungan sudah mulai berkembang dengan baik.

Kemudian sampai 33 minggu harapannya, di vaksin yang kedua yaitu mencapai 2 minggu sebelum persalinan sehingga efektivitasnya bermanfaat maksimal paling cepat 2 minggu sebelum persalinan.
Vaksin yang digunakan adalah vaksin Moderna. “Ibu hamil akan mendapat dua kali vaksin, untuk vaksin kedua dilakukan 28 hari setelah vaksin pertama,” terangnya.

Baca juga:  Kumulatif Transmisi Lokal COVID-19 di Bali Sudah Lampaui "Imported Case"

Lebih lanjut dijelaskan, selain di RSD Mangusada, vaksinasi ibu hamil akan dilakukan dengan sistem jemput bola ke masing-masing kecamatan sesuai jadwal. (Parwata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *