Ilustrasi. (BP/Antara)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Belakangan ini kasus COVID-19 terus menunjukkan peningkatan. Kondisi itu tak pelak menimbulkan kekawatiran di kalangan masyarakat Karangasem, sebab diduga varian Delta sudah masuk.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, pihaknya belum mendapat laporan adanya penyebaran COVID-19 varian delta di Karangasem. “Sejauh ini masih berupa positif-negatif (laporan). Belum ada varian baru,” ucapnya.

Meski begitu, kata Pertama, pihaknya meminta kepada seluruh masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan di tengah kasus penularan virus yang saat ini masih terus terjadi. Caranya dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. “Prokes sangat penting dilakukan. Mengingat kini penyebaran virus saat ini paling tinggi tercatat akibat transmisi lokal atau penularan dalam keluarga,” jelasnya.

Baca juga:  Seorang Pedagang Positif COVID-19, Pasar Bebandem Ditutup Saat "Beteng"

Direktur RSUD Karangasem, I Wayan Suardana, menjelaskan, terkait deteksi varian baru, pihaknya tak dapat menentukan pasien korona yang masuk tertular virus jenis baru atau bukan. Pasien yang masuk ke rumah sakit pasti mendapat penanganan intensif. “Kita sudah memiliki standar penanganan penyakit menular. Sehingga untuk varian delta, kami tidak melakukan pendeteksian,” tandasnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *