I Gusti Bagus Putra Pertama. (BP/dokumen)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Belakangan ini kasus COVID-19 di Kabupaten Karangasem terus melandai. Bahkan, sejak lima hari belakangan ini, Bumi Lahar tidak mencatat atau zero terjadinya kasus COVID-19 tersebut.

Kadis Kesehatan Karangasem I Gusti Bagus Putra Pertama, Rabu (19/1) mengungkapkan, sejak beberapa hari belakangan ini, Karangasem memang tidak mencatat adanya kasus COVID-19. Termasuk kasus aktif juga nol. “Jadi saat ini tidak ada pasien yang dirawat di rumah sakit maupun isolasi mandiri maupun isolasi terpusat,” ucapnya.

Baca juga:  Pascaadanya Belasan Warga Positif COVID-19, Begini Situasi Karantina di Dusun Cegeng

Pertama menambahkan, pihaknya berharap kedepannya tidak ada lagi peningkatan kasus. Tentunya, masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Yang terpenting vaksinasi secara lengkap. Dan saat ini vaksinasi ketiga, yakni booster.

“Vaksinasi inilah merupakan upaya pemerintah untuk menekan kasus COVID-19 di masyarakat. Jadi, masyarakat yang belum melakukan vaksin booster ini, bisa datang ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan vaksinasi ini,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk mencegah penyebaran virus varian omicron, diharapkan pelaku perjalanan ke luar negeri dan daerah lainnya yang terdapat kasus ini tidak sampai terjangkit. “Jadi, untuk menekan ini kita tingkatkan 3 T atau tindakan melakukan tes COVID-19 (testing), penelusuran kontak erat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien COVID-19 (treatment) adalah salah satu upaya utama penanganan COVID-19. Selain itu, terus disiplin 3M (Memakai masker dengan benar, Menjaga jarak dan hindari kerumunan, Mencuci tangan pakai sabun dengan rutin), dan divaksinasi,” tandasnya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Karangasem Tambah Sejumlah Kasus Baru hingga Pasien Probable COVID-19 Meninggal
BAGIKAN