Ruang isolasi bagi pasien yang positif covid-19 di RSUD Karangasem. Kini puluhan pasien dirawat di tempat tersebut. (BP/nan)

AMLAPURA BALIPOST.com – Kasus COVID-19 di Provinsi Bali, khususnya di Kabupaten Karangasem belakangan ini mengalami peningkatan. Berdasarkan data per 7 Februari 2022, warga Karangasem yang dinyatakan positif COVID-19 mencapai ratusan orang.

Kalak BPBD Karangasem, IB Ketut Arimbawa, mengungkapkan, berdasarkan data terakhir per 7 Februari 2022, tercatat ada sebanyak 272 warga yang dinyatakan positif COVID-19. “Semua pasien kini tengah menjalani perawatan,” ucapnya.

Arimbawa, menambahkan, untuk bed occupancy rate (BOR) sampai saat ini sudah terisi pasien sekitar 58 persen. Rinciannya yakni jumlah kapasitas sekitar 119 bed, dan sudah isi 70 bed. Sedangkan sisanya sekitar 49 belum berisi alias masih kosong. “Sampai saat ini ketersediaan bed masih mencukupi. Semoga tak ada penambahan kasus lagi,” harap Arimbawa.

Baca juga:  Sejumlah Warga Kesimpar dan Temukus Masih Bertahan di Pengungsian

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Karangasem, dr I Gusti Bagus Putra Pertama, menjelaskan, berdasarkan gejala yang dialami oleh warga yang dinyatakan positif itu mereka mengarah terkena virus Omicron. “Kalau dilihat dari gejala dan penyebarannya yang begitu cepat, sebagian besar mereka terkena Omicron,” katanya.

Melihat situasi itu, Pertama, menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu tetap disiplin untuk menekan penyebaran. Mulai dari memakai masker yang benar, cuci tangan dengan air dan sabun, jaga jarak minimal satu meter (physical atau social distancing), dan terpenting berperilaku hidup yang bersih serta sehat. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Empat Kabupaten Nihil Tambahan Kasus COVID-19
BAGIKAN