Vaksinator tengah menyuntikkan vaksin COVID-19 untuk siswa/i SMP di Denpasar. (BP/eka)

JAKARTA, BALIPOST.com -Pemerintah menyediakan fitur tambahan di website COVID19.go.id yang memberikan informasi fasilitas kesehatan (faskes) yang melayani vaksinasi COVID-19. Saat ini sudah menjangkau seluruh wilayah di Jawa dan Bali. Untuk mendapatkan Informasi tersebut, bisa diakses di https://covid19.go.id/faskesvaksin. Melalui fitur tersebut, diharapkan dapat memudahkan masyarakat mencari lokasi vaksinasi terdekat dan segera mendapatkan vaksinasi.

Koordinator PMO Komunikasi Publik KPCPEN Arya Sinulingga mengatakan, di tengah lonjakan kasus COVID-19 yang sangat tinggi saat ini, vaksinasi merupakan salah satu cara melindungi kita semua karena dapat mengurangi risiko terjadinya sakit bagi yang tertular virus COVID-19. “Diharapkan fitur ini semakin memudahkan masyarakat mendapatkan informasi lokasi yang menyediakan layanan vaksinasi, kami siapkan fitur tambahan pada website COVID19.go,id yang menjangkau wilayah Jawa Bali,” ujar Arya.

Baca juga:  Kampung Sidat Dikembangkan di Kaki Ijen

Caranya mudah. Cukup klik tautan, kemudian temukan lokasi vaksinasi terdekat. Pilih provinsi dan kabupaten/kota lantas klik ‘cari sekarang’. Misal ingin mencari lokasi fakses di Purwokerto. Cukup klik Provinsi Jawa Tengah, kemudian pilih Kabupaten Banyumas langsung ditemukan 84 faskes di Banyumas termasuk di Purwokerto.

Setelah itu, website akan menampilkan peta lokasi faskes dan detail informasi lainnya seperti alamat lengkap dan nomor telepon. Masyarakat bahkan bisa langsung dapat meminta diarahkan dengan mengklik “Arahkan”.

Baca juga:  FPG Gandeng Obaja Pasarkan Asuransi Perjalanan

Arya menambahkan, pemerintah terus mengakselerasi vaksinasi untuk mengejar target vaksinasi program pemerintah sebanyak 2 juta per hari pada Agustus 2021. Menurutnya, hingga Senin (12/7), realisasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 program pemerintah telah mencapai total lebih dari 51 juta dosis. Dengan rincian sebesar 36,1 juta untuk vaksinasi dosis pertama dan sekitar 14,9 juta untuk vaksinasi dosis kedua. “Ayo, masyarakat yang belum divaksin untuk mendapatkan vaksin sekarang juga,” ajak Arya.

Baca juga:  Tambahan Pasien COVID-19 Sembuh Nasional Lampaui Kasus Baru, Selisihnya di Atas 3.000!

Dia meminta masyarakat segera lakukan vaksinasi demi keselamatan bersama. “Vaksinasi adalah ikhtiar kita untuk melindungi diri dan bangsa ini dari pandemi dengan cara membangun herd immunity,” katanya. (Agung Dharmada/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *