Seorang pria menggunakan masker berjalan-jalan bersama anjingnya di Kota Tivoli, Italia pada 17 April 2020 saat pemberlakuan penguncian wilayah. (BP/AFP)

ROMA, BALIPOST.com – Seluruh Italia menjadi zona bebas masker dan “berisiko rendah” untuk virus corona pada Senin (28/6). Ini menjadi tonggak bersejarah bagi negara Eropa pertama yang terkena pandemi global di Februari 2020.

Dikutip dari AFP, dalam sebuah dekrit yang mulai berlaku Senin, Kementerian Kesehatan di negara itu untuk pertama kalinya mengklasifikasikan masing-masing dari 20 wilayah Italia sebagai “putih.” Ini menandakan risiko rendah, di bawah sistem klasifikasi kode risiko COVID-19 di negara itu.

Artinya, masker wajah tidak lagi wajib di area luar ruangan. Kebijakan ini disambut gembira di seluruh negeri di tengah berlangsungnya gelombang panas yang menyebabkan suhu melewati 40 derajat Celcius (104 derajat Fahrenheit) di beberapa wilayah selatan minggu ini.

Baca juga:  Hari Ini, RSUP Sanglah Ambil Swab Jasad Warga Australia yang Dievakuasi Tim Ber-APD

Italia pernah menjadi simbol krisis virus corona bagi negara-negara Barat. Foto truk tentara yang mengangkut peti mati dari kamar mayat yang meluap di kota utara Bergamo menjadi bahan pemberitaan di seluruh dunia. Namun, saat ini, Italia telah melihat infeksi dan kematian COVID-19 menurun dalam beberapa pekan terakhir.

Sepertiga penduduk Italia di atas usia 12 tahun telah divaksinasi per Minggu (27/6) atau 17.572.505 orang, menurut pemerintah. Setelah lama dilarang memasuki negara itu, wisatawan dari Uni Eropa, Inggris, Amerika Serikat, Kanada, dan Jepang kini bisa kembali berkunjung karena pemerintah menghapus persyaratan karantina bagi pengunjung yang divaksinasi, atau mereka yang hasil tesnya negatif.

Baca juga:  Turki Catat Rekor Kasus COVID-19 Baru dalam Sehari

Meskipun ada kemajuan, Menteri Kesehatan Roberto Speranza mendesak orang Italia untuk waspada. “Ini hasil yang menggembirakan, tetapi kehati-hatian dan kehati-hatian masih diperlukan, terutama karena varian baru,” tulis Speranza, setelah menandatangani ordonansi, Sabtu.

Italia menghadapi periode panjang yang dimulai pada November dari penguncian regional penuh atau sebagian untuk memerangi gelombang kedua infeksi virus corona, pembatasan dilonggarkan di seluruh Italia akhir bulan lalu. Seluruh negara dijadikan “zona kuning”, yang membawa lebih banyak kebebasan tetapi tetap mempertahankan jam malam yang memperpendek jam buka restoran.

Baca juga:  Bayi Kembar Siam dengan Jantung Menempel, Pemisahannya Tunggu Hasil Konsultasi Medis

Ketika pemerintah secara bertahap menghilangkan pembatasan selama Juni ini, satu-satunya yang bertahan, hingga Senin, adalah Lembah Aosta, wilayah pegunungan kecil di barat laut. Di Italia, lebih dari 127.000 orang telah meninggal karena komplikasi terkait Covid-19, sementara lebih dari empat juta orang telah terinfeksi. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *