Petugas memberikan suntikan vaksin COVID-19 ke penerima di Klungkung. (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Satgas COVID-19 Klungkung mendadak mengevaluasi pelaksanaan vaksinasi di seluruh desa, Selasa (22/6). Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra menyebutkan bahwa jumlah cakupan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Klungkung sampai 21 Juni 2021 sebanyak 63,15 persen dari jumlah sasaran vaksinasi sebanyak 151.036 orang.

Ada 15 desa yang cakupan vaksinasinya di bawah 50 persen. Tetapi, ada 6 desa/kelurahan yang cakupan vaksinasinya diatas 90 persen.

Baca juga:  Percepat Vaksinasi, Polres Klungkung Kerahkan Personel ke Rumah Sasaran

Sekda Winastra menyampaikan itu saat rapat pembahasan pelaksanaan vaksinasi dan perkembangan COVID-19, Selasa (22/6). Masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama sebanyak 95.382 orang atau 63,15 persen. Sedangkan cakupan vaksinasi dosis kedua sebanyak 28.145 orang atau 18,63 persen.

Sementara 6 desa yang cakupan vaksinasinya di atas 90 persen, yaitu Desa Timuhun, Gelgel, Kutampi, Jungut Batu, Lembongan dan Semarapura Kaja.

Sedangkan, 15 desa yg cakupan vaksinasinya dibawah 50 persen, yaitu 3 desa di Kecamatan Banjarangkan, di antaranya Desa Bumbungan, Tusan dan Tihingan. Untuk di Kecamatan Klungkung ada 6 desa yaitu Kelurahan Semarapura Kangin, Semarapura Tengah, Semarapura Klod, Semarapura Klod Kangin, Desa Tangkas dan Tegak.

Baca juga:  Sejumlah Anggota DPRD Klungkung Tak Ikuti Vaksinasi COVID-19

Untuk di Kecamatan Dawan terdapat 1 desa yaitu Desa Paksebali serta Kecamatan Nusa Penida terdapat 5 desa yaitu Desa Batu Kandik, Bungamekar, Tanglad, Kutampi Kaler dan Suana.

Melihat hasil evaluasi ini, upaya-upaya untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi terus dilakukan. Bahkan, Satgas COVID-19 Klungkung sudah memutuskan untuk memaksimalkan peran vaksinator untuk melayani vaksinasi hingga sore dan malam hari.

Seluruh pihak terkait juga terus dilibatkan, seperti dari Tim Urkes Polres Klungkung dan TNI. Bupati dan Wakil Bupati Klungkung juga terus turun ke lapangan untuk mendorong partisipasi masyarakat melakukan vaksinasi. (Bagiarta/balipost)

Baca juga:  Ajak Masyarakat Taat Prokes, Wakapolres Tabanan Bagi Masker
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *