Bupati Giri Prasta saat membuka acara Rembuk Garbasari Cegah Stunting Kabupaten Badung tahun 2021, di Legian Beach Hotel, Rabu (16/6). (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Bupati Badung Nyoman Giri Prasta secara resmi membuka acara Rembuk Garbasari Stunting Kabupaten Badung Tahun 2021, bertempat di Legian Beach Hotel, Rabu (16/6). Acara yang dilaksanakan secara hybrid tersebut turut dihadiri oleh Kepala Bappeda Badung Made Wira Dharmajaya, Kadis Kesehatan Badung dr. Nyoman Gunarta, Dirut RSUD Mangusada dr. Ketut Japa, Camat se-Badung, Kepala Puskesmas dan Lurah/Perbekel yang menjadi lokus penanganan stunting serta diikuti secara virtual oleh seluruh Perbekel/Lurah se-Kabupaten Badung.

Dalam sambutannya, Bupati Giri Prasta menyampaikan, salah satu fokus pemerintah pusat dan Kabupaten Badung saat ini adalah pencegahan stunting yang bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Dengan disertai kemampuan emosional, sosial, dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global.

Baca juga:  Tuai Penolakan, Pemanfaatan Lahan Pemprov untuk TPS di Wilayah Cengiling

“Kita berkomitmen dengan Peraturan Presiden Nomor 42 tahun 2014 tentang Percepatan Penanganan Stunting dan Gizi Buruk yang ada di Indonesia. Ini kan sudah masuk Nawacita Bapak Presiden membangun Indonesia dari pinggiran yaitu desa. Nah, kita di Kabupaten Badung sudah mengadopsi sepenuhnya hal ini dengan PPNSB,” ujarnya.

Atas dasar tersebut Bupati Giri Prasta mengatakan, Pemkab Badung telah membentuk Gerakan Badung Sehat pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (Garbasari) yang dilaksanakan dari tingkat kabupaten, kecamatan, desa/kelurahan sampai pada tingkat banjar/lingkungan. “Tujuan kami adalah untuk meningkatkan kualitas gizi balita sejak masa dalam kandungan, yang dibarengi dengan edukasi cara olahraga ibu hamil hingga kontrol sampai melaksanakan kontrol untuk melihat perkembangan bayi melalui USG, sehingga kita bisa tahu kesehatannya dan posisinya seperti apa dalam rahim,” katanya.

Baca juga:  Bupati Giri Prasta Selalu Siap Mendukung Kegiatan Semeton Pasek

Begitu juga dengan peningkatan kualitas posyandu, Giri Prasta menyebutkan, Pemkab Badung sudah melakukan hal itu sejak tahun 2014 dan dimatangkan lagi pada tahun 2016 melalui RPJMD Semesta Berencana Kabupaten Badung. “Sekarang kita kembali sempurnakan apa yang sudah kita lakukan, yang baik kita pertahankan yang jelek kita tinggalkan. Inilah fungsi dari rembuk hari ini (kemarin-red) bersama seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten Badung yang direncanakan oleh Bappeda selaku leader dan digerakkan sepenuhnya oleh Dinas Kesehatan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Rembuk Garbasari Cegah Stunting Kabupaten Badung dr. Wayan Darta melaporkan, acara rembuk stunting Kabupaten Badung bertujuan untuk menyampaikan hasil analisis situasi dan rencana kegiatan penurunan stunting di Kabupaten Badung. Melalui deklarasi komitmen pemerintah daerah dalam menyepakati rencana kegiatan intervensi penurunan stunting secara terintegrasi. Di samping itu, rembuk stunting merupakan langkah penting yang harus dilakukan oleh pemerintah untuk melaksanakan kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan stunting secara bersama sama antara OPD penanggung jawab dengan sektor/lembaga nonpemerintah dan masyarakat.

Baca juga:  Cegah Stunting Sedini Mungkin

“Hasil riset kesehatan dasar tahun 2018 menunjukkan ada sekitar 30,8% atau 7 juta balita Indonesia yang menderita stunting. Sedangkan di Kabupaten Badung angkanya jauh di bawah yaitu sebesar 6,1% status balita pendek pada tahun 2020,” ungkapnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *