Nadya Putri Virgita. (BP/Nel)

DENPASAR, BALIPOST.com – Dua atlet panjat tebing PON Bali, yakni pasangan suami istri Temi Teli Lasa dan Nadya Putri Virgita, dijadwalkan mengikuti Kejurnas Piala Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha, ME, di wall climbing Danau Sipin Kota Jambi, pada 14-18 Juni. Tujuan mengikuti kejurnas terbuka ini untuk mengetahui sejauh mana prestasi yang diukir kedua atlet, setelah mereka menjalani TC sentralisasi 7 bulan.

Ketua Umum Pengprov FPTI Bali Putu Yudi Atmika, di Denpasar, Senin (14/6) mengemukakan, kejurnas terbuka ini hanya mempertandingkan nomor lead dan boulder. “Jadi, mereka mengikuti dua nomor ini dan keduanya turun di nomor perorangan,” tutur dia.

Dikemukakan, pihaknya sengaja menerjunkan dua atlet, mengingat pada kejurnas Piala Wali Kota Jambi tidak dipertandingkan nomor lain, seperti combine dan beregu. Ia menyebutkan, kejurnas ini bersifat terbuka. Karena itu, bagi siapa pun atlet panjat tebing bebas mengikuti event kejurnas ini. Hal ini tentu berbeda jika kejurnas bersifat Mini PON, maka otomatis pesertanya melibatkan para atlet yang akan turun di PON Papua.

Baca juga:  Petinju Bayu Masuk Tim PON

Untuk itu, Yudi Atmika, sama sekali tidak membebani target kepada Temi dan Nadya, mengingat atlet provinsi lain yang turun bukan atlet PON. “Kami sedianya juga mengikutsertakan Desak Made Rita Kusuma Dewi, guna mengikuti Piala Wali Kota Jambi. Namun sayangnya, saat ini Desak Made Rita sedang menghuni pelatnas,” kilah dia.

Selain itu, Yudi menilai, Kejurnas Piala Wali Kota Jambi juga bersifat lokal, dan pesertanya lebih dominan mendaftar secara perorangan. “Padahal, kami ingin mengikuti kejurnas yang khusus melibatkan para atlet PON,” ungkapnya. Sebelumnya, Bali menjadi tuan rumah event Mini PON, di Lapangan Alit Saputra Tabanan. “Kami masih menunggu agenda event Mini PON berikutnya, kemungkinan provinsi lain berniat menggelar event serupa,” beber dia.

Baca juga:  Kuningan, Tambahan Kasus COVID-19 Bali di Bawah 100 Orang Tapi Kabar Duka Masih Dilaporkan

Oleh sebab itu, Yudi Atmika hanya menginstruksikan kepada Temi dan Nadya untuk tampil maksimal. Selain itu, Kejurnas Piala Wali Kota Jambi merupakan ajang uji coba selama mereka berlatih di TC sentralisasi. “Kami ingin tahu hasil mereka selama ditempa latihan,” terangnya. (Daniel Fajry/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *