Kepala Bapenda Badung, I Made Sutama saat melakukan pemantauan ke lapangan untuk melihat okupansi hotel yang ada di kawasan Kuta Utara. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Badung, melakukan pemantauan ke sejumlah akomodasi wisata di Kabupaten Badung, Rabu (2/6). Upaya ini guna mengetahui tingkat okupansi atau hunian, sehingga potensi pajak daerah dapat terukur di tengah Pandemi COVID-19.

Kepala Bapenda Badung, I Made Sutama mengatakan, pihaknya telah mendatangi sejumlah wajib pajak, khususnya di sektor akomodasi pariwisata. Berdasarkan hasil pantauan di lapangan, kondisi sejumlah hotel masih belum pulih, okupansi di bawah 30 persen. “Saya bersama beberapa staf ke beberapa wajib pajak untuk melihat langsung okupansi beberapa hotel,” ujarnya.

Baca juga:  Terus Meningkat, Tingkat Hunian Hotel di Karangasem

Ia mengatakan seperti Hotel Alila Seminyak, ternyata okupansi hotel masih di bawah 30 persen. Di Hotel W Retreat juga konisinya hampir sama. “Bahkan untuk di Hotel Ayana baru memulai persiapan buka,” jelasnya

Menurutnya Owner Hotel Alila, Bayu Adi Sastra, menjelaskan dari jumlah kamar hotel sebanyak 240, okupansinya 13 persen.

Dijelaskan, terkait penerapan protokol kesehatan (Prokes) di hotel tersebut juga telah dilaksanakan dengan ketat. Di setiap tempat sudah disediakan perlengkapan prokes, seperti hand sanitizer, masker dan pengecekan suhu tubuh. Untuk karyawan tidak ada yang dirumahkan dan bekerja 16 hari kerja.

Baca juga:  Pantau Pelaksanaan Pilkada Badung 2020, Sekda Adi Arnawa Pastikan Pilkada Aman dan Patuhi Prokes

“Kita berharap musibah ini cepat berlalu dan pariwisata di Bali segera di buka sehingga perekonomian di Bali serta Pariwisata di badung bisa bangkit lagi,” katanya.

Selanjutnya, kunjungan di Hotel W Retreat diterima General Manager Hotel, Titus Rosier. Disampaikan dalam kunjungan itu, okupansi hotel rata-rata 15 sampai 20 persen. Kebanyakan tamu adalah wisatawan domestik. (Parwata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *