Gedung Pasar Kumbasari. (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Rencana penataan Pasar Kumbasari di Jalan Gajah Mada mendapat respons dari DPRD Denpasar. Penataan pasar tradisional dinilai cukup positif untuk mendongkrak jumlah kunjungan ke pasar.

Karena itu, dalam penataan kali ini diharapkan tidak hanya sekedar melakukan renovasi agar tampilan yang menarik. Namun, lebih pada penataan fungsi.

Hal ini disampaikan anggota Komisi III DPRD Denpasar, A.A.Susruta Ngurah Putra, Jumat (28/5). Politisi Demokrat ini menilai positif upaya penataan pasar yang direncanakan Pemkot Denpasar.

“Saya kira kalau mau membangun, itu sangat mudah. Apalagi kalau sudah ada dananya. Namun yang lebih utama dari semua itu, bagaimana pasar ini bisa memberikan kontribusi yang baik bagi pendapatan Kota Denpasar,” ujarnya.

Baca juga:  Penataan Pasar Kumbasari Capai 8 Persen

Susruta mengharapkan pola penataan yang dilakukan kali ini jangan hanya fokus pada tampilan seni saja. Karena itu, selain fungsi yang lebih dikedepankan, juga estetika pasar. Dengan demikian, apa yang menjadi harapan bersama, yakni meningkatkan pendapatan dari pasar bisa terwujud.

Dikatakan, selama ini pengelolaan pasar tradisional agar lebih diefektifkan lagi. Karena selama ini sering kali perusahaan daerah milik Pemkot Denpasar kontribusinya ke PAD masih sangat minim.

Baca juga:  Pasar Kumbasari akan Ditata

Bahkan, tidak jarang mengalami kerugian. Misalnya saja, pada 2017 dan 2018, pendapatan Perumda Pasar yang mengelola 16 pasar merugi. Kalau pun mendapat keuntungan di tahun-tahun lainnya, juga masih sangat minim.

Beberapa data menunjukan laba sekitar Rp 800-an juta. “Ini dalam kondisi belum pandemi COVID-19,” ujarnya.

Sebelumnya,  Kadis PUPR Denpasar, Nyoman Ngurah Jimmy Sidarta mengungkapkan penataan Pasar Kumbasari akan dilakukan tahun ini. Saat ini telah melakukan tender.

Baca juga:  Tingkatkan PAD, DLH Gianyar Gali Potensi Retribusi Sampah

Penataan ini akan bisa rampung pada Desember. Jimmy mengatakan, beberapa poin yang akan menjadi fokus penataan. Misalnya saja, di areal jembatan yang menghubungkan Pasar Kumbasari dengan Pasar Badung akan dibuatkan jalur pejalan kaki.

Demikian pula areal parkir yang ada di Pasar Kumbasari juga akan disentuh penataan. Bukan hanya itu, tampilan luar gedung Pasar Kumbasari juga akan ditata agar tampil lebih menawan. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *