Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. (BP/Antara)

MEDAN, BALIPOST.com – Masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, diingatkan agar selalu waspada kemungkinan potensi terjadinya banjir lahar dingin. Hal ini dikarenakan adanya potensi cuaca ekstrem di wilayah itu.

Dilansir dari Kantor Berita Antara, Analisis Forecaster Pelayanan Jasa Wilayah I BBMKG Medan, Martha Manurung, Sabtu (15/5), mengatakan, potensi cuaca ekstrem berdampak pada wilayah Pegunungan Sinabung. Untuk itu BMKG mengingatkan kepada masyarakat di wilayah Gunung Sinabung, untuk waspada banjir lahar dingin.

Baca juga:  Tsunami Selat Sunda, 20 Orang Tewas

Terkait dengan potensi cuaca ekstrem, BMKG mengimbau, masyarakat untuk menghindari daerah rentan mengalami bencana. Deperti lembah sungai, lereng, rawan longsor, pohon yang mudah tumbang dan tepi pantai.

Mewaspadai potensi dampak seperti banjir, banjir pesisir, tanah longsor, dan banjir bandang, terutama di daerah yang rentan. “BMKG mengimbau agar waspada potensi hujan sedang hingga lebat di sertai angin kencang dan badai petir di wilayah lereng timur, pegunungan, lereng barat Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor,” katanya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *