Petugas sedang menyuntikkan vaksin COVID-19 pada warga. (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Vaksinasi COVID-19 untuk dosis II di tiga desa kawasan wisata akan dilakukan Tabanan. Desa yang dimaksud adalah Beraban di Kecamatan Kediri, Candikuning di Baturiti, Jatiluwih di Penebel.

Kepala Dinas Kesehatan, dr. I Nyoman Suratmika, Jumat (14/5) mengatakan usai libur Lebaran, petugas vaksinator diarahkan untuk melanjutkan layanan vaksinasi itu. Setelah vaksinasi di 3 desa kawasan wisata, kegiatan akan dilanjutkan ke 3 desa prioritas lainnya, yaitu Kukuh di Kecamatan Marga, Gunung Salak di Kecamatan Selemadeg Timur dan Desa Dauh Pekeh, Kecamatan Tabanan.

Baca juga:  Suasana Duka Selimuti Kediaman Bripka Arya

Ia mengatakan desa yang menjadi sasaran vaksinasi berbasis banjar putaran kedua kali ini memang jumlah sasarannya cukup banyak. Apalagi di Dauh Peken yang merupakan kawasan potensi ekonomi di kota Tabanan. Jumlah sasaran 9.684 orang. Saat ini disiapkan enam posko layanan untuk melayani ribuan warga itu.

“Kami lanjutkan lagi kemungkinan sekitar tanggal 20 atau 21 Mei besok, tunggu rampung dulu yang tahap II di tiga desa kawasan wisata sebelumnya,” ucapnya.

Baca juga:  Tambahan Harian Kasus COVID-19 Nasional Kembali Lampaui 6.000 Orang

Vaksinasi COVID-19 tahap I bagi warga di tiga desa sasaran itu sudah berlangsung selama 3 hari, mulai Senin (10/5) sampai dengan Rabu (12/5). Dari total sasaran keseluruhan sebanyak 15.121 orang, baru  7.567 orang divaksinasi. Sebanyak 454 warga tunda lantaran tidak memenuhi persyaratan.

Tak hanya pelaksanaan vaksinasi berbasis banjar, layanan vaksinasi reguler di fasilitas layanan kesehatan, lanjut Suratmika, masih terus berjalan. Khususnya yang menyasar lansia dan guru.

Baca juga:  Dua Hari, Ribuan Warga di 3 Zona Hijau Tabanan Tervaksinasi Dosis I

Bahkan, untuk percepatan vaksinasi, kini sudah ada 31 fasyankes yang siap memberikan layanan faksinasi. “Petugas kita tambah, kalau sebelumnya 29 fasyankes, kini sudah 31 fasyankes. Jadi ada tambahan petugas dari dua rumah sakit swasta di Tabanan,” terangnya. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *