Ilustrasi. (BP/tomik)

GIANYAR, BALIPOST.com – Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Gianyar bersama Kementerian Kesehatan telah melakukan upaya mendeteksi varian baru COVID-19. Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, A. A. Anom Sukamawa, Rabu (5/5), mengatakan upaya deteksi ini dilakukan menyikapi arahan dari Gubernur terkait telah adanya varian baru COVID-19 yang masuk ke Bali.

Diungkapkannya, salah satu kawasan yang menjadi sasaran penyelidikan adalah Kecamatan Sukawati.
Namun, ia tidak menyampaikan lokasi detail daerah Sukawati yang menjadi lokasi penyelidikan. “Kami juga tidak bisa merinci seperti apa penelusuran dari petugas Kementerian di wilayah Kecamatan Sukawati,” ucapnya.

Baca juga:  Gianyar Tambah 3 Kasus Positif COVID-19

Sukamawa mengatakan penelusuran dilakukan pada Senin (3/5). Ia berharap masyarakat tidak terlalu resah terkait adanya varian baru COVID-19 yang masuk ke Bali.

Disebutkannya, tim kesehatan dari Diskes dan Kemenkes sudah bergerak untuk antisipasi agar tidak terjadi penyebaran varian baru ini. “Kami sudah ambil sampel darah warga Sukawati yang sempat kontak erat dengan pasien yang terpapar varian baru COVID-19 tersebut,” jelasnya.

Baca juga:  RSUP Sanglah Siapkan 6 Titik Tempat Vaksin

Ia mengimbau masyarakat tidak mengabaikan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

Sebelumnya, dalam keterangan pers, Gubernur Bali, Wayan Koster, mengatakan bahwa varian baru dari Inggris dan Afrika Selatan sudah masuk Bali. Untuk pasien yang menderita COVID-19 varian Afsel dilaporkan sudah meninggal. Sedangkan pasien yang mengidap varian Inggris dilaporkan sudah sembuh. (Wirnaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *