Petugas melakukan pemulasaran jasad pasien COVID-19. (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar memasuki Januari 2022 kembali melayani pengantaran jenazah COVID, dari rumah sakit ke kuburan atau tempat kremasi. Kepala Pelaksana Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gianyar, Drs. Ida Bagus Putu Suamba didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar, IGN Dibya Presasta, Senin (14/2) mengatakan untuk pengangkutan jenazah COVID-19 ini, pihaknya dibantu Pol PP, Dinas Sosial dan PMI.

Diungkapkannya, semenjak kemunculan varian Omicron dari Januari-14 Februari 2022, BPBD mengkoordinasikan 10 jenazah yang akan diupacarai baik di kuburan desa setempat maupun tempat kremasi. “Menyikapi permintaan masyarakat terkait pengangkutan jenazah, BPBD Gianyar menyusun jadwal pengantaran jenazah COVID dengan berkoordinasi dengan Pol PP, Dinsos dan PMI,” ucapnya.

Baca juga:  Ini, Kronologi Pasien COVID-19 Meninggal di Gianyar

Ia menjelaskan jenazah ini sebelumnya ditempatkan di Kamar Jenazah RSUP Sanglah, RSUD Sanjiwani, dan RS Ari Canti. Dari rumah sakit selanjutnya jasad pasien COVID-19 tersebut diangkut menuju setra/kuburan desa adat setempat, Kremasi Sulang, Kremasi Bebalang, Kremasi Kerta Semadi Nusa Dua, dan Kremasi Punduk Dawa.

Diby menambahkan BPBD hanya melayani pengangkutan jenazah COVID-19. Agar bisa ditangani, dikatakannya, warga bisa menyampaikan permohonan pengangkutan langsung ke Kantor BPBD atau melalui aparat pemerintah desa setempat yang diteruskan ke BPBD Gianyar. (Wirnaya/balipost)

Baca juga:  Hotel di Ubud Disiapkan Jadi Tempat Singgah Naker Migran
BAGIKAN